Selasa, 05 Oktober 2021 22:23

Toilet Langka Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Israel

Toilet Langka Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Israel

ABATANEWS — Para arkeolog Israel telah menemukan toilet langka di Yerusalem yang berusia lebih dari 2.700 tahun. Arkeolog meyakini toilet itu bagian dari kamar mandi pribadi yang mewah di zamannya.

Dilansir The Independent, toilet yang terbuat dari batu kapur itu digali di situs penggalian di lingkungan Armon Hanatziv, Yerusalem.

Baca Juga : Ditemukan Artefak Perhiasan Berusia 150.000 Tahun, Begini Penampakannya

“Sebuah bilik toilet pribadi sangat langka di zaman kuno dan hanya sedikit yang ditemukan hingga saat ini. Kebanyakan di Kota David,” kata Yaakov Billig, direktur penggalian oleh Otoritas Barang Antik Israel.

“Faktanya, hanya orang kaya yang mampu membeli toilet seperti itu,” lanjutnya.

Menurut Yaakov, seorang rabi terkenal menyarankan bahwa menjadi kaya di zaman itu adalah memiliki toilet di sebelah mejanya.

Baca Juga : Ilmuan Ciptakan Baterai Fleksibel Mirip Sisik Ular

Toilet yang ditemukan berupa batu berukir dengan lubang di tengahnya. Toilet ditempatkan di atas septik tank yang dalam.

Toilet berada di kabin persegi panjang yang merupakan bagian dari rumah besar yang menghadap ke Kota Tua di Yerusalem saat ini.

“Itu dirancang untuk jadi tempat duduk yang nyaman,” tambah seorang pejabat.

Baca Juga : Ditemukan Kuburan Massal 25 Tentara yang Dibantai dalam Perang Salib

Para ahli menyebut toilet tersebut berasal dari Periode Kuil Pertama dan diyakini milik sebuah kerajaan kuno pada abad ke-7 SM.

Para arkeolog juga menemukan sejumlah pecahan tembikar dan tulang binatang di bawah toilet. Mereka berharap dengan temuan ini dapat mengungkap gaya hidup dan pola makan orang-orang Kuil Pertama.

“Sangat menarik untuk melihat sesuatu bagi kita hari ini, seperti toilet, adalah barang mewah pada masa pemerintahan raja-raja Yehuda,” kata Eli Eskosido, direktur Otoritas Barang Antik Israel kepada The Times of Israel .

Komentar