Minggu, 27 Juni 2021 17:25

Homo Longi, Spesies Purba Terbaru Kerabat Manusia Modern

Homo Longi, Spesies Purba Terbaru Kerabat Manusia Modern

ABATANEWS – Spesies baru manusia purba yang dijuluki Homo longi, atau Manusia Naga, berpotensi mengubah cara memahami evolusi manusia.

Temuan yang diterbitkan para peneliti dalam jurnal The Innovation, bahwa Homo longi dapat menggantikan Neanderthal sebagai kerabat terdekat dengan spesies manusia modern, Homo sapiens.

Baca Juga : Toilet Langka Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Israel

Penemuan spesies baru ini terkait dengan tengkorak yang dikenal sebagai Harbin, sebuah fosil yang diperkirakan telah ditemukan beberapa dekade lalu tetapi baru dipelajari baru-baru ini.

“Dipercaya secara luas bahwa Neanderthal termasuk dalam garis keturunan punah yang merupakan kerabat terdekat dari spesies kita sendiri,” kata Xijun Ni, seorang profesor primatologi dan paleoantropologi di Akademi Ilmu Pengetahuan China dan Universitas GEO Hebei.

“Namun, penemuan kami menunjukkan bahwa garis keturunan baru yang kami identifikasi sebagai Homo longi adalah kelompok saudara perempuan Homo sapiens yang sebenarnya.” lanjutnya.

Baca Juga : Ilmuan Ciptakan Baterai Fleksibel Mirip Sisik Ular

“Tengkorak Harbin juga menunjukkan fitur lain yang menyerupai spesies kita,” kata Chris Stringer, salah satu penulis, mengatakan dalam rilis tentang temuan dari Museum Sejarah Alam London, di mana ia bekerja sebagai pemimpin penelitian.

“Ia memiliki tulang pipi yang rata dan rendah dengan fossa taring yang dangkal, dan wajahnya terlihat mengecil dan terselip di bawah tempurung otak,” tambahnya.

Nama “Manusia Naga” berasal dari nama geografis Long Jiang, yang umumnya digunakan untuk provinsi Heilongjiang dan secara harfiah berarti sungai naga.

Baca Juga : Ilmuan Temukan Gen Langka yang Bisa Hindari Obesitas

Ia menambahkan, tengkorak, yang panjangnya sekitar 9 inci dan lebar lebih dari 6 inci, cukup besar untuk menampung otak yang ukurannya mirip dengan manusia modern – sekitar 3 pon (1.420 ml) dalam volume otak. Para peneliti percaya itu milik seorang pria, berusia sekitar 50 tahun.

Tengkorak itu diperkirakan telah ditemukan pada tahun 1933 ketika sebuah jembatan dibangun di atas Sungai Songhua di Kota Harbin, di provinsi Heilongjiang China.


Junyi Ge, dari Akademi Ilmu Pengetahuan China dan salah satu anggota tim penelitian, mengatakan mereka yakin bahwa benda itu berusia lebih dari 146.000 tahun.

Baca Juga : Dinosaurus Sepanjang Lapangan Basket Pernah Hidup di Australia

Meskipun telah dijelaskan oleh tim peneliti sebagai spesies baru, dalam wawancara terpisah dengan Asosiasi Pers Inggris, Stringer mengatakan dia setuju bahwa tengkorak itu memiliki kemiripan dengan fosil lain milik Homo daliensis, jenis manusia purba lainnya.

“Terlepas dari itu, morfologi fosil sangat informatif tentang evolusi manusia selanjutnya,” tambahnya.

Temuan itu diumumkan beberapa jam setelah para ilmuwan juga menemukan jenis baru manusia purba setelah mempelajari potongan tulang fosil yang digali di sebuah situs di Israel.

Baca Juga : Peneliti Temukan Baterai yang Cocok untuk Mobil Terbang

Nesher Ramla Homo – dinamai menurut tempat di tenggara Tel Aviv Israel di mana ia ditemukan. Spesies itu disebut mungkin telah hidup berdampingan dengan Homo sapiens, selama lebih dari 100.000 tahun, dan bahkan mungkin kawin, kata para peneliti.

Komentar
Berita Terkait
Berita Terbaru