Senin, 17 April 2023 20:16

Berbagi Ratusan Paket Sembako, dr Udin Malik: Hal Baik Harus Terus Dilanjutkan

Berbagi Ratusan Paket Sembako, dr Udin Malik: Hal Baik Harus Terus Dilanjutkan

ABATANEWS, MAKASSAR — Ketua Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM), dr Udin Malik bersama Golorong Indonesia berbagi 135 paket sembako, Senin (17/4/2023).

Pembagian dilakukan di Jl Maccini dengan 60 paket. Penerima perwakilan dari 4 kecamatan yang merupakan warga kurang mampu.

Lalu di Jl Yos Sudarso Lr 153 dengan 75 paket sembako. Penerima dari 5 kecamatan.

Baca Juga : Gerakkan 3.000 Masyarakat, TPD Sulsel Ganjar-Mahfud Blusukan Sosialisasi Program

Ketua FKKM Makassar, dr Udin Malik mengatakan bahwa apa yang dilakukan ini menjadi salah satu langkah untuk membantu warga meringankan kebutuhan pokok mereka. Untuk keseharian.

“Hal ini tidak seberapa, tetapi sebagai langkah kepedulian bersama. Kita percaya ini hal yang baik, jadi hal baik itu harus selalu dilanjutkan,” ujar dr Udin Malik disela-sela kegiatan.

Alumni Fakultas Kedokteran Unhas 2013 predikat Summa Cumlaude dengan IPK 4.00 itu juga memaparkan tentang program FKKM. Program tersebut antara lain, Dokter Kita, Makassar Siap Sekolah (Massikola), dan pengendalian stunting 1 Anak 1 Warung Makan.

Baca Juga : 24 Tim Pemenangan Kabupaten/Kota di Sulsel Akan Dilantik Akhir Pekan Ini

“Khusus Dokter Kita, program ini lahir berkat kunjungan kami FKKM di Kecamatan Manggala, di sana ada seorang ibu yang mengalami buta permanen karena penyakit glukoma,” bebernya.

Padahal, kata dr Udin Malik penyakit ini sebenarnya bisa disembuhkan. Itu jika cepat ditangani, tetapi karena lambat akhirnya terjadilah buta permanen.

Keterlambatan pengobatan dari ibu itu bukan karena disengaja. Hanya saja dia tidak memiliki jaminan kesehatan atau KIS, juga tidak punya biaya untuk oprasi.

Baca Juga : Massikola Berhasil Kembalikan 4 Anak Sekolah, Tiga Diantaranya Bersaudara

“Nah, dari sini kita buat program Dokter Keliling Bertanya atau Dokter Kita,” katanya.

Apa yang ditanyakan, sederhana. Ketika sakit atau ada orang sakit disekitar kita apa yang kita lakukan? Sudah tahu siapa yang mestinya dihubungi?

Hal ini, kata dr Udin Malik yang kerap dilupakan bahkan tidak diketahui masyarakat. Padahal, hal tersebut sama dengan kebutuhan dasar dalam kehidupan sebab tidak ada orang yang tidak akan sakit.

Baca Juga : Penyediaan Air Bersih Terus Dilakukan dr Udin Malik

“Untuk itu Dokter Kita hadir sebagai payung, bagiamana mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan, memiliki jaminan kesehatan, dan cara berobat dengan baik,” katanya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar