Selasa, 21 November 2023 18:11

Viral Masak Daging Pakai Obat Paracetamol Biar Empuk, Netizen: Kan Ada Presto 

Momen seorang ibu-ibu memasak rendang pakai paracetamol. (TikTok @anggiiewijayanti)
Momen seorang ibu-ibu memasak rendang pakai paracetamol. (TikTok @anggiiewijayanti)

ABATANEWS.COM – Sebuah video tentang memasak daging menggunakan obat parasetamol baru-baru ini viral di media sosial. Penggunaan paracetamol diklaim bisa membuat daging menjadi empuk. Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun TikTok @anggiiewijayanti dan sudah ditonton lebih dari 7 juta kali.

Dalam cuplikan video yang dibagikannya, wanita tersebut memasukkan satu buah obat paracetamol ke dalam rendang daging yang sedang dimasak. Setelah itu, dia mengaduk-ngaduk masakan tersebut sampai tercampur rata dengan obat paracetamol.

“Enggak nyangka yang kemarin fyp sampai 1.2 juta penonton, ngakak bacain komentarnya, kali ini masaknya pake b*d**x (merek obat),” tulis akun tersebut dalam keterangan unggahannya.

Baca Juga : Viral Wanita Marah-marah Gegara Beli Susu 1 Liter Tidak Dingin

Dokter sekaligus TikToker Ayman Alatas buka suara terkait video viral tersebut. Dia malah heran obat paracetamol digunakan untuk memasak agar daging lebih empuk.

“Aku baru tahu kalau ada kebiasaan empukin daging pakai paracetamol,” kata Dokter Ayman Alatas dalam akun TikTok-nya.

Ayman menjelaskan bahwa obat paracetamol bisa mengeluarkan racun atau zat berbahaya jika bercampur dengan panas dari proses memasak.

Baca Juga : Viral Pria Jualan Bakso di Puncak Gunung Lorokan, Harga Tuai Sorotan

“Masakan dipanasin ada proses-proses tertentu yang malah bisa membuat paracetamolnya itu menghasilkan toxic atau zat beracun,” lanjut Ayman.

Selain itu, Ayman khawatir munculnya efek jangka panjang yang berbahaya akibat perubahan zat pada paracetamol ketika dicampur dalam masakan. Efek tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan jika kebiasaan tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

“Zat beracun itu lah efek jangka panjangnya bisa jadi berbahaya untuk tubuh. Maka enggak disarankan penggunaan paracetamol tadi. Apalagi kalau kebiasaan ini dilakukan bertahun-tahun yang ditakutkan bisa berbahaya,” tutur Ayman.

Baca Juga : Viral Pantai Pasir Putih Lampung Penuh Tumpukan Sampah, Pengunjung Tetap Asyik Berenang

Ayman menyarankan agar masyarakat menggunakan bahan-bahan alami seperti nanas atau bahan-bahan alami lainnya untuk mengempukan daging daripada menggunakan bahan kimia.

Alhasil, video memasak daging menggunakan obat paracetamol juga mengundang banyak reaksi dari pengguna TikTok. Banyak netizen ngeri dan heran dengan penggunaan obat paracetamol untuk mengempukan daging.

“Padahal pake presto 20 menit udah lembut loh,” tulis akun @Jmi***.

Baca Juga : Viral Siswa Punya Nama Unik dan Rumit Dibaca, Guru Bingung Mau Panggil Apa

“Kan ada teknologi bernama panci presto,” tulis akun @ras***.

“Bahaya banget ga sihh, apalagi klo buat masak keluarga, ada beberapa orang yg alergi obat,” tulis akun @Ita***.

“Padahal pake rumus masak daging 5masak 30tutup rapat 7masak lagi udah bikin empuk banget,” tulis akun @dew***.

Baca Juga : Viral Penonton Konser Ngamuk Bakar Panggung hingga Rusak Barang Vendor

“Hah kok bisa, nangis banget obat udah dirancang/diformula sedemikian rupa malah dipake buat masak,” tulis akun @waw***.

“Tidak dianjurkan sih karena bodrex mengandung paracetamol yang fungsinya buat turunin panas jadi rendangnya ntar ga enak cepet dingin,” tulis akun @Rul***.

Penulis : Nidi
Komentar
Berita Terbaru