Minggu, 10 Maret 2024 13:09

Awal Ramadan dan Nyepi Bersamaan, Menag Yaqut: Mari Saling Menghormati

Dokumentasi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (foto: Kemenag RI)
Dokumentasi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (foto: Kemenag RI)

ABATANEWS.COM – Awal Ramadan 1445 H dan perayaan Hari Suci Nyepi tahun baru Caka 1946 akan bersamaan. Di mana umat Islam sambut bulan puasa dengan Tarhib Ramadan dan Qiyamul-Lail dan umat Hindu menyambut Nyepi dengan Tawur Agung Kesanga dan Pawai Ogoh-ogoh.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun menanggapi soal dua momentum keagaam itu yang akan berlangsung bersamaan. Baginya, momentum itu ada baiknya dimaknai agar saling menghormati antar umat beragama.

“Mari saling menghormati dalam menjalani ritual ibadah dan tradisi keagamaan masing-masing. Jadi keduanya adalah momentum instrospeksi,” sebut Gus Men, panggilan akrabnya di Jakarta, Minggu (10/3/2024).

Baca Juga : Minta Travel Tidak Keluarkan Visa Non Haji Untuk Berhaji, Menag Yaqut: Akan Ada Sanksi

Ia pun mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1445 H bagi umat Islam. Ia berharap, keistimewaan Ramadan dapat meningkatkan kualitas ketakwaan.

“SSelamat merayakan Hari Suci Nyepi tahun baru Caka 1946 bagi umat Hindu di seluruh Indonesia. Semoga umat Hindu dapat terus meningkatkan kualitas diri dalam hubungan manusia dengan Tuhan, sesama anak bangsa, dan dengan lingkungan,” imbuhnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar
Berita Terbaru