Senin, 28 Maret 2022 19:03

Shanghai China Lockdown Lagi karena Covid-19

Suasana lockdown di Shanghai China. (Foto: REUTERS/Aly Song)
Suasana lockdown di Shanghai China. (Foto: REUTERS/Aly Song)

ABATANEWS, CHINA — Pusat keuangan China di Shanghai meluncurkan penguncian dua tahap terhadap 26 juta penduduknya pada Senin (28/3/2022), menutup jembatan dan terowongan dan membatasi lalu lintas jalan raya dalam upaya menahan lonjakan kasus COVID-19.

Lockdown cepat yang diumumkan oleh pemerintah kota Shanghai pada hari Minggu akan membagi kota menjadi dua secara kasar di sepanjang Sungai Huangpu selama sembilan hari. Ini adalah gangguan terkait COVID terbesar yang melanda Shanghai.

Dilansir Reuters, Wu Fan, anggota tim ahli COVID Shanghai, mengatakan bahwa tes massal yang baru dilakukan telah menemukan infeksi skala besar di seluruh kota memicu respons yang lebih ketat.

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

“Menahan wabah skala besar di kota kami sangat penting karena begitu orang yang terinfeksi dikendalikan, kami telah memblokir penularan,” katanya, seraya menambahkan bahwa tes akan dilakukan sampai semua risiko dihilangkan.

Rekor 3.450 kasus COVID tanpa gejala dilaporkan di Shanghai pada hari Minggu, terhitung hampir 70% dari total nasional, bersama dengan 50 kasus bergejala, kata pemerintah kota.

Secara nasional, ada 5.134 kasus baru tanpa gejala dan 1.219 kasus pada hari Minggu, kata otoritas kesehatan dalam buletin regulernya.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

Sebagai mesin utama ekonomi China, Shanghai telah berusaha untuk mengindahkan seruan Presiden Xi Jinping untuk meminimalkan dampak pengendalian COVID pada bisnis dan kehidupan masyarakat. Wu mengatakan pada briefing pada hari Sabtu bahwa Shanghai tidak dapat dikunci lama karena peran penting yang dimainkannya dalam ekonomi nasional dan bahkan global.

Tetapi setelah pergantian hari Minggu, pengujian massal telah mengganggu transportasi, perawatan kesehatan dan berbagai kegiatan ekonomi, dengan penjualan tanah di seluruh kota juga dihentikan pada hari Senin.

Biro Keamanan Publik Shanghai mengatakan akan menutup jembatan dan terowongan lintas sungai, dan gardu tol terkonsentrasi di timur kota hingga 1 April.

Baca Juga : Aturan Baru Soal Covid-19: Tak Ada Lagi Kewajiban Kenakan Masker

Area di sebelah barat Sungai Huangpu akan memiliki pembatasan serupa yang diberlakukan mulai 1 April hingga 5 April.

Biro tersebut mengatakan kontrol lalu lintas akan diterapkan di jalan raya masuk dan keluar kota, dan orang-orang yang pergi harus menunjukkan bukti hasil negatif dari tes asam nukleat yang diambil dalam 48 jam sebelumnya.

Komentar
Berita Terbaru