Sabtu, 16 September 2023 11:10

Pj Gubernur Bahtiar akan Jalankan 8 Program Prioritas di Sulsel, Termasuk Pemilu 2024 

Pj Gubernur Bahtiar akan Jalankan 8 Program Prioritas di Sulsel, Termasuk Pemilu 2024 

ABATANEWS, GOWAPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengaku ada delapan program prioritas yang akan dijalankannya. Sehingga, ia meminta seluruh kabupaten kota di Sulsel ikut mensukseskan program tersebut.

Hal itu ia sampaikan saat kunjungan kerja dan silaturahmi dengan Pemkab Gowa yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Abd Rauf Malaganni. Kegiatan itu, berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jumat, 15 September 2023.

Ke delapan program prioritas itu, masing-masing sukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Ia berharap Pemilu mendatang berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai.

Baca Juga : Besok, KPU Sumatera Barat Akan Gelar PSU untuk DPD RI

Bahtiar pun mengapresiasi program Pemkab Gowa. Dintaranya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni di kepemimpinannya.

Di mana Gowa telah menganggarkan 40 persen dana Pemilu kepada KPU dan Bawaslu di tahun 2023. Anggaran khusus ini tentunya sebagai tanda kesiapan Kabupaten Gowa dalam proses Pilkada mendatang.

“Gowa sudah 40 persen APBDnya. Mudah-mudahan 23 kabupaten/kota lainnya mencontoh,” ucapnya.

Baca Juga : Dipecat dari Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari: Terimakasih Telah Bebaskan Saya 

Diketahui, keharusan ini juga telah dilakukan Pemprov Sulsel yang telah mengalokasikan anggaran sebesar 40 persen kepada penyelenggara. Yang juga telah dituangkan dalam rencana Perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023.

Sedangkan Bupati Adnan menyampaikan, penganggaran sesuai surat edaran dari Mendagri bahwa 40 persen biaya Pilkada harus dianggarkan di tahun 2023. Di Kabupaten Gowa dianggarkan sebesar Rp. 30 miliar melalui APBD Pokok 2023 dan 60 persennya di tahun 2024.

Adapun program prioritas lainnya, diantaranya pengendalian Inflasi, Penanganan Stunting dan Gizi Buruk, Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan. Lalu Pelayanan Publik dan Investasi, Sinergi Program Prioritas Nasional dan Daerah, dan Stabilitas Sosial, Politik, Keamanan, Ketentraman, dan Ketertiban Umum.

Penulis : Wahyuddin
Komentar
Berita Terbaru