Senin, 19 Desember 2022 20:13

Piala Dunia 2026: 3 Tuan Rumah, 48 Tim, hingga Jadwal Bertanding

Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko secara resmi terpilih menggelar Piala Dunia 2026. (Foto: AFP)
Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko secara resmi terpilih menggelar Piala Dunia 2026. (Foto: AFP)

ABATANEWSPiala Dunia 2022 di Qatar telah berakhir, pada Ahad (18/12/2022). Argentina sukses menjadi juara dunia.

Piala dunia akan kembali digelar 4 tahun ke depan atau tepatnya tahun 2026. Namun, piala dunia edisi berikutnya akan ada banyak perubahan.

Sudah dipastikan, Piala Dunia Qatar jadi terakhir untuk peserta tim berjumlah 32. Nantinya, akan ada penambahan jumlah tim menjadi 48.

Baca Juga : FIFA Selidiki Salt Bae yang Cium Trofi Piala Dunia hingga Masuk ke Lapangan

Untuk pembagian grup masih dipertimbangkan oleh FIFA. Rencananya, bakal ada 16 grup yang tiap grup berisi 3 tim. Berbeda saat ini, atau sejak edisi Piala Dunia 1998 yang menerapkan format 8 grup yang berisi 4 tim di tiap grup.

“Di sini, grup berisi empat tim sudah berjalan luar biasa. Sampai menit-menit terakhir pertandingan terakhir, Anda tak tahu siapa yang akan lolos,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dilansir BBC.

“Kita harus melihat ulang atau setidaknya mendiskusikan lagi formatnya. Ini adalah sesuatu yang pastinya akan ada di agenda pertemuan berikutnya,” ucap Infantino.

Baca Juga : Achraf Hakimi dkk Disambut Bak Juara Saat Tiba di Maroko

Sedangkan, Piala Dunia 2026 juga untuk pertama kalinya, ada 3 negara yang jadi tuan rumah: Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Ini akan melampaui edisi Piala Dunia 2002 yang saat itu tuan rumahnya adalah Korea Selatan dan Jepang.

Berdasarkan ketetapan FIFA, ada 16 kota yang jadi lokasi pertandingan Piala Dunia. Kanada 2, Meksiko 3, dan Amerika Serikat 11.

Meski jumlah pertandingan bertambah menjadi 80 pertandingan, lantaran diikuti 48 peserta, tapi jumlah maksimal tim yang akan bertanding hingga laga final tetap sama jumlahnya dengan saat ini, yakni 7 pertandingan.

Baca Juga : Bupati Indah Sebut Laga Final Argentina vs Prancis Paling Hebat Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Selain itu, waktu penyelenggaraan Piala Dunia 2026 tetap sama dengan edisi piala dunia saat ini, yaitu 32 hari.

Penulis : Azwar
Komentar
Berita Terbaru