Kamis, 22 September 2022 16:15

Permudah Penyampaian Aspirasi, DPRD Makassar Luncurkan Aplikasi eRO’TA

Diskusi publik dengan tema ‘eRO’TA wujudkan Makassar Sombere dan Smart City di Hotel Gammara Makassar, Kamis (22/9/2022).
Diskusi publik dengan tema ‘eRO’TA wujudkan Makassar Sombere dan Smart City di Hotel Gammara Makassar, Kamis (22/9/2022).

ABATANEWS, MAKASSARDPRD Makassar meluncurkan aplikasi e-Reses Oleh Kita (eRO’TA’). Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi produk Sekretariat DPRD Makassar untuk menjadi wadah bagi masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya. Terkhusus, bagi masyarakat yang tidak berkesempatan mengikuti reses dari anggota dewan.

Sekretaris Dewan DPRD Kota Makassar Dahyal mengatakan, aplikasi eRO’TA’ ini menjadi wadah buat legislator. Apalagi, aplikasi ini, katanya, berbasis daerah pemilihan (dapil).

Tujuan utama ialah membantu penyerapan aspirasi masyarakat itu tadi karena terbatas oleh waktu dan wilayah,” ujar Dahyal dalam diskusi publik dengan tema ‘eRO’TA wujudkan Makassar Sombere dan Smart City di Hotel Gammara Makassar, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga : Rudianto Lallo Apresiasi Warga BPH Inisiatif Serahkan PSU ke Pemkot Makassar

Jadi, lanjut Dahyal, masyarakat bisa langsung mengakses aplikasi ini via mobile dan menyampaikan langsung aspirasinya kepada anggota dewan di wilayahnya masing-masing.

“Contoh misalnya ketika ada masyarakat yang tidak sempat mengikuti reses anggota dewan, itu bisa berpartisipasi untuk menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi ini. Setelah itu akan bergulir ke beberapa tahapan yang pada akhirnya akan diverifikasi oleh SKPD terkait persoalan aspirasi yang disampaikan,” ungkap Dahyal

Dari sisi teknis, kata Dahyal, eRO’TA’ dikembangkan sebagai suatu upaya yang dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran anggota dewan yang partisipatif, langsung dari masyarakat dari bawah, tersaring dan terverifikasi oleh SKPD terkait.

Baca Juga : Aspirasi Lewat Aplikasi e-Ro’Ta Bakal Jadi Acuan Usulan Program Anggota DPRD Makassar

Lebih lanjut, Dahyal menambahkan bahwa dengan eRO’TA masyarakat bisa mengakses aplikasi ini menyampaikan keluhan lalu verifikasi ke SKPD masing-masing.

“Bisa masuk ke erota sampaikan. Misalnya di lorong ada yang gelap. Tapi itu tidak serta merta gagasan itu final tapi di verifikasi oleh SKPD apakah usulan ini ada dalam Renja (Rencana Kerja) nya dalam anggaran kalau ada bisa jadi. Akhir jadi erota ini pokok- pokok pikiran anggota dewan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Asisten III Pemerintah Kota Makassar Muhammad Mario Said mewakili Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengaku sangat mengapresiasi inovasi baru Sekretariat DPRD dalam mendekatkan layanan ke masyarakat.

Baca Juga : DPRD dan Pemkot Makassar Sepakati KUA PPAS Perubahan APBD 2022

”Terimakasih kepada Sekretariat DPRD ikut meningkatkan integritas,sinergi demi memberikan pelayanan ke masyarakat.

Aplikasi eRO’TA mengajak masyarakat dalam proses partisipasi pembangunan di kota Makassar ini bentuk kerjasama pemerintah,” ucap Mario mewakili Wali Kota Makassar.

Penulis : Azwar
Komentar