Kamis, 20 Mei 2021 21:10

DPRD Makassar Ingatkan Pemkot Perhatikan Soal Gaji Pegawai Kontrak

DPRD Makassar Ingatkan Pemkot Perhatikan Soal Gaji Pegawai Kontrak

ABATANEWS, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) lingkup Pemkot Makassar masih harus mengelus dada. Gaji di Januari hingga Mei belum juga dibayarkan. Padahal, SK pengangkatan sebagai tenaga PPPK sudah dikantongi.

Anggota Komisi D DPRD Makassar, Yeni Rahman meminta Pemkot Makassar lebih memperhatikan nasib guru. Pasalnya, dia menerima banyak keluhan dari guru yang berstatus PPPK. Gaji mereka belum diterima hingga saat ini.

“Karena saya juga pernah menjadi guru, saya banyak ditanya soal PPPK. Nah ini perlu diperhatikan, karena katanya gaji mereka belum diterima sampai sekarang,” kata Yeni.

Baca Juga : Erick Horas Berpeluang Kembali Jabat Wakil Ketua DPRD Makassar

Meski mendapat banyak keluhan, Yeni belum mau berkomentar banyak. Apalagi, kata dia, belum ada penjelasan resmi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar.

“Saya juga belum bisa langsung menjelaskan tanpa ada penjelasan dari Disdik,” ucap dia.

Baca Juga : Demokrat, PAN, Hanura, dan Perindo Jadi Fraksi Gabungan di DPRD Makassar Periode 2024-2029

Ketua Komisi D DPRD Makassar, Wahab Tahir menyayangkan lambannya gaji guru PPPK dibayarkan. Namun kata dia, hal ini akibat persoalan administrasi. SK pengangkatan sebagai tenaga PPPK ambat ditandatangani pejabat pembina kepegawaian (PPK) yang lalu.

“Inikan persoalannya karena SK lambat ditandatangi, Pak Wali Kota (Danny Pomanto) tidak bisa tanda tangan mundur karena itu sama dengan melanggar,” papar dia.

Sedangkan Plt Kepala Disdik Makassar, Neilma Palamba menyebut SK PPPK baru ditandatangani pada Maret, sedangkan gaji 155 guru PPPK melekat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), bukan di Disdik Makassar

Baca Juga : Legislator Makassar Yeni Rahman Dorong Masyarakat Rajin Baca-Tulis Al-Qur’an di Ramadan

“Untuk diketahui ini berkaitan dengan administrasi. Karena SK-nya baru Maret ditandatangani. Anggarannya juga itu dilekatkan di BKD (BKPSDM) bukan di Disdik,” kata Neilma.

Karena itu, pihaknya sudah meminta agar gaji 155 guru PPPK segera dialihkan ke Disdik Makassar. “Kita sudah minta untuk dialihkan dari BKD ke Disdik. Tunggu parsial tiga, setelah itu baru bisa dibayarkan,” ucap dia.

Komentar