Sabtu, 08 Juni 2024 18:05

Dinas Kominfo Makassar Beri Pelatihan Komunikasi dan Informasi kepada Anggota KIM Manggala

Dinas Kominfo Makassar Beri Pelatihan Komunikasi dan Informasi kepada Anggota KIM Manggala

ABATANEWS, MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar memberi pelatihan dan pembinaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Manggala, Sabtu, 8 Juni 2024.

Pembinaan ini berupa pelatihan reportase atau membuat berita, fotografi, videografi, pengelolaan konten dan desain grafis.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Dinas Komunikasi dan Informatika Makassar, Isnaniah Nurdin mengatakan program ini bertujuan membantu mempromosikan potensi dan melaporkan permasalahan yang ada di kelurahannya.

Baca Juga : Satu-satunya di Indonesia, Makassar Dinobatkan Sebagai Kota Terhappy di Dunia

Apalagi, kata dia, seperti potensi Lorong Wisata, mesti dipublikasikan sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat dan menumbuhkan pemberdayaan di lorong-lorong.

Acara yang dihelat di Aula Kantor Kecamatan Manggala ini berlangsung seru lantaran puluhan peserta aktif dan secara langsung mempraktekkan apa yang disampaikan pemateri.

Isnaniah menjelaskan, dengan pembinaan KIM ini diharapkan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

Baca Juga : Wali Kota Danny Minta OPD Persiapkan APBD Pokok dan Rasionalisasi Anggaran Perubahan

“Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, KIM diharapkan bisa mengangkat profil lorong-lorong di Kelurahan Manggala ke khalayak yang lebih luas,” kata Innang, sapaan akrabnya di sela-sela acara.

Selanjutnya, para anggota KIM akan berperan dalam mengumpulkan, mengelola, dan menyebarkan informasi terkait potensi masing-masing kelurahan.

Misalnya, berupa kuliner khas, hasil kerajinan atau pertanian, serta produk unggulan lainnya yang memiliki nilai ekonomi.

Baca Juga : Danny Pomanto Kenang Pernah Ditertawakan saat Target PAD Rp 1 Triliun

Salah satu peserta Pembinaan KIM, Wahidah mengaku bersyukur dengan adanya pelatihan ini.

Ia berharap pembinaan seperti ini dapat terus berlanjut.

Senada, Risky salah satu peserta mengungkapkan bahwa dirinya senang terhadap kegiatan ini.

Baca Juga : Potret Danny Pomanto Saat Berkurban dan Gelar Open House bagi Warga Makassar

Dengan program ini, Risky mengaku mendapat banyak ilmu mengenai pengambilan video dan editing video.

“Saya berharap ada pembinaan-pembinaan lagi kedepannya agar skil videografiku makin terasah,” pesannya.

Berikutnya pembentukan dan pelatihan KIM akan dilakukan di semua kecamatan juga kelurahan di Makassar. Pj Gubernur Sulsel Zudan Resmikan Kantor Konsulat Kroasia di Makassar

Penulis : Azwar
Komentar