Selasa, 21 November 2023 18:11

Viral Masak Daging Pakai Obat Paracetamol Biar Empuk, Netizen: Kan Ada Presto

Momen seorang ibu-ibu memasak rendang pakai paracetamol. (TikTok @anggiiewijayanti)
Momen seorang ibu-ibu memasak rendang pakai paracetamol. (TikTok @anggiiewijayanti)

ABATANEWS.COM – Sebuah video tentang memasak daging menggunakan obat parasetamol baru-baru ini viral di media sosial. Penggunaan paracetamol diklaim bisa membuat daging menjadi empuk. Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun TikTok @anggiiewijayanti dan sudah ditonton lebih dari 7 juta kali.

Dalam cuplikan video yang dibagikannya, wanita tersebut memasukkan satu buah obat paracetamol ke dalam rendang daging yang sedang dimasak. Setelah itu, dia mengaduk-ngaduk masakan tersebut sampai tercampur rata dengan obat paracetamol.

“Enggak nyangka yang kemarin fyp sampai 1.2 juta penonton, ngakak bacain komentarnya, kali ini masaknya pake b*d**x (merek obat),” tulis akun tersebut dalam keterangan unggahannya.

Baca Juga : Viral Mata Bocah 7 Tahun Digigit Anjing Terangga, Begini Kondisinya

Dokter sekaligus TikToker Ayman Alatas buka suara terkait video viral tersebut. Dia malah heran obat paracetamol digunakan untuk memasak agar daging lebih empuk.

“Aku baru tahu kalau ada kebiasaan empukin daging pakai paracetamol,” kata Dokter Ayman Alatas dalam akun TikTok-nya.

Ayman menjelaskan bahwa obat paracetamol bisa mengeluarkan racun atau zat berbahaya jika bercampur dengan panas dari proses memasak.

Baca Juga : Viral Pria Mualaf di Papua Bawa Seekor Babi ke Mesjid Sebagai Hewan Kurban

“Masakan dipanasin ada proses-proses tertentu yang malah bisa membuat paracetamolnya itu menghasilkan toxic atau zat beracun,” lanjut Ayman.

Selain itu, Ayman khawatir munculnya efek jangka panjang yang berbahaya akibat perubahan zat pada paracetamol ketika dicampur dalam masakan. Efek tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan jika kebiasaan tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

“Zat beracun itu lah efek jangka panjangnya bisa jadi berbahaya untuk tubuh. Maka enggak disarankan penggunaan paracetamol tadi. Apalagi kalau kebiasaan ini dilakukan bertahun-tahun yang ditakutkan bisa berbahaya,” tutur Ayman.

Baca Juga : Wanita di Pontianak Tewas Terjatuh dari Lantai 3 Usai Terpental Saat Treadmill

Ayman menyarankan agar masyarakat menggunakan bahan-bahan alami seperti nanas atau bahan-bahan alami lainnya untuk mengempukan daging daripada menggunakan bahan kimia.

Alhasil, video memasak daging menggunakan obat paracetamol juga mengundang banyak reaksi dari pengguna TikTok. Banyak netizen ngeri dan heran dengan penggunaan obat paracetamol untuk mengempukan daging.

“Padahal pake presto 20 menit udah lembut loh,” tulis akun @Jmi***.

Baca Juga : Viral Relokasi Kucing Pakai Karung Plastik yang Diikat, Ini Respon Pengelola GBK

“Kan ada teknologi bernama panci presto,” tulis akun @ras***.

“Bahaya banget ga sihh, apalagi klo buat masak keluarga, ada beberapa orang yg alergi obat,” tulis akun @Ita***.

“Padahal pake rumus masak daging 5masak 30tutup rapat 7masak lagi udah bikin empuk banget,” tulis akun @dew***.

Baca Juga : Jamaah Haji Asal Bogor Keluhkan Kondisi Tenda di Mina, Sempit hingga Tidur di Lorong

“Hah kok bisa, nangis banget obat udah dirancang/diformula sedemikian rupa malah dipake buat masak,” tulis akun @waw***.

“Tidak dianjurkan sih karena bodrex mengandung paracetamol yang fungsinya buat turunin panas jadi rendangnya ntar ga enak cepet dingin,” tulis akun @Rul***.

Penulis : Nidi
Komentar