Jumat, 18 Agustus 2023 11:16

UEFA Turun Tangan Jelaskan Mengapa Messi Masuk Nominasi Pemain Terbaik Eropa

Leonel Messi saat tampil di final Piala Dunia Qatar melawan Timnas Prancis di Stadion Lusail, Qatar. (foto: FIFA)
Leonel Messi saat tampil di final Piala Dunia Qatar melawan Timnas Prancis di Stadion Lusail, Qatar. (foto: FIFA)

ABATANEWS.COM — Terpilihnya Messi jadi salah satu nominasi pemain terbaik UEFA 2022/2023 menuai sorotan. Khususnya di kalangan warganet.

Seperti diketahui, UEFA merilis 3 nama yang masuk nominasi. Yakni Kevin de Bruyne, Erling Haaland, dan Lionel Messi.

Hanya saja, banyak memprotes masuknya nama Messi. Sebab, dianggap kurang gemilang berat PSG, yang cuma menjadi juara Liga Prancis musim 2022/2023.

Baca Juga : Lagi-lagi Messi Raih Ballon d’Or

Berbeda dengan Kevin dan Haaland yang dianggap pantas lantara membawa Manchester City untuk pertama kalinya meraih treble winner (Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions Eropa).

UEFA pun meluruskan alasan mengapa Messi tetap masuk dalam nominasi. Meski cuma membawa PSG menjadi juara liga, tapi UEFA mempertimbangkan karir Messi di Timnas Argentina.

“Meski Messi jadi bintang untuk PSG dan mengakhiri musim dengan gelar Ligue 1 kedua, namun pemilihan didasarkan pada performa gemilangnya di Piala Dunia bersama Argentina yang benar-benar banyak mendapat sorotan”.

Baca Juga : Fabrizio Romano Prediksi Messi Raih Ballon d’Or 2023

“Ikon dari generasinya, Messi menjadi pemain Argentina pertama yang mampu mengangkat trofi Piala Dunia sejak Diego Maradona, mencetak tujuh gol dalam perjalanan tersebut dan membuatnya terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia. Di bulan Maret, dia menjadi pemain ketiga dalam sejarah yang berhasil melewati torehan 100 gol,” tulis UEFA dalam laman resmi milik mereka.

Messi sudah dua kali memenangkan penghargaan Pemain Terbaik UEFA. Rekor gelar terbanyak saat ini dipegang oleh Ronaldo dengan tiga gelar. Bila Messi memenangkan gelar tahun ini, berarti dia menyamai torehan Ronaldo.

Penulis : Azwar
Komentar