Senin, 24 Mei 2021 11:32

Tahun Ini Pemprov Sulsel Gelontorkan Rp400 Miliar untuk Jalan

Tahun Ini Pemprov Sulsel Gelontorkan Rp400 Miliar untuk Jalan

ABATANEWS, TORAJA UTARA – Tahun ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelontorkan sekitar Rp400 miliar anggaran untuk jalan di sejumlah kabupaten/kota.

Hal itu diungkapkan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat mencanangkan empat ruas jalan di Kabupaten Toraja Utara. “Kita datang untuk menegaskan, saya tidak suka berjanji, tetapi kita lihat saja kerjanya. Tahun ini Rp 250 miliar untuk Toraja, sekitar Rp 150 miliar untuk Toraja Utara,” ungkapnya.

Pemprov Sulsel, kata dia, terus berupaya untuk menyelesaikan infrastruktur jalan provinsi di daerah, yang diperkirakan akan memakan anggaran sekitar Rp 400 miliar.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Bantu Petani di Gowa, Serahkan 350 Ribu Bibit Kopi dan 250 Ribu Pohon Pala

“Kemantapan jalan kita sekitar 70 persen. Kita terus genjot dan tingkatkan kemampuan kita. Tahun depan kita akselerasi lagi untuk jalan yang menghubungkan kabupaten/kota lainnya, utamanya yang dilintasi banyak warga. Insya Allah, pelan-pelan kita selesaikan ini dan sinergitas dikerjakan bersama,” jelasnya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mencanangkan empat ruas jalan di Kabupaten Toraja Utara. Seremoni pencanangan sebagai tanda dimulainya pengerjaan empat ruas jalan ini berlangsung di Lapangan Bakti, Rantepao, Toraja Utara, di hari yang sama.

Adapun empat ruas jalan tersebut diantaranya, ruas Batupapan – Bandara Pongtiku – Alang Alang – Rante Pao; Ruas Rante Pao – Panggala – Baruppu – Batas Sulbar; Ruas Rante Pao – Sa’dan – Batas Kabupaten Luwu; serta Ruas Batas Luwu – Tedong Bonga. Empat ruas jalan ini, kata Andi Sudirman, dengan total sepanjang 50 km yang akan dianggarkan sekitar Rp 49 miliar.

Baca Juga : Hapus Diskriminasi, RAD Pengarusutamaan Gender Disusun Pemprov Sulsel

“Alhamdulillah, hari ini kami mencanangkan empat ruas jalan di Kabupaten Toraja Utara, diantaranya ruas jalan batas Provinsi Sulawesi Barat dan Kabupaten Luwu. Kami tegaskan untuk terus melanjutkan pembangunan di daerah, salah satunya di Toraja,” kata Andi Sudirman.

“Kehadiran kami sebagai bukti untuk komitmen kami melanjutkan pembangunan di Toraja,” sambungnya.

Sementara, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, mengakui komitmen Plt Gubernur Sulsel yang mendukung pembangunan di Kabupaten Toraja Utara. “Terima kasih atas komitmen dan dukungan Bapak Plt Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman untuk pembangunan di Toraja Utara,” ujarnya.

Baca Juga : Inspektorat Provinsi Gorontalo Hadiri Monitoring Desa Antikorupsi di Desa Tabongo Timur

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman juga meninjau pembangunan jalan Rantepao – Sa’dan – Batusitanduk, di Kabupaten Toraja Utara, Minggu, 23 Mei 2021. Ruas jalan itu menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dan Luwu.

Ia berjalan sembari berbincang mengenai progres ruas jalan itu bersama Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong. Dengan anggaran sekitar Rp 72 miliar dari pemerintah provinsi, jalan dibangun dengan pengerjaan sepanjang 11,4 km dan lebar 6 meter. Saat ini, progres pengerjaan ruas jalan ini sekitar 54 persen.

Komentar