Selasa, 09 Juli 2024 16:28

Semifinal Euro 2024 Spanyol vs Prancis: Tembok Siapa yang Paling Kokoh?

Semifinal Euro 2024 Spanyol vs Prancis: Tembok Siapa yang Paling Kokoh? 

ABATANEWS, JERMAN — Pertandingan Spanyol melawan Prancis di semifinal Euro 2024 yang akan digelar pada Rabu (10/7/2024) dini hari, pukul 02.00 WIB, menjanjikan aksi seru antara dua tim dengan lini pertahanan paling solid di turnamen ini.

Pertemuan ini mengingatkan pada final Euro 1984, ketika Prancis mengalahkan Spanyol 2-0 untuk meraih gelar pertama mereka.

Spanyol: Kekompakan di Depan dan Belakang

Baca Juga : Euro 2024: Mengenang Perebutan Tempat Ketiga yang Terakhir Digelar oleh UEFA

Tim La Furia Roja tampil impresif di turnamen ini, mencetak total 11 gol dalam lima pertandingan menuju semifinal. Kehebatan Spanyol tidak hanya terlihat dari serangan mereka yang mematikan, tetapi juga dari pertahanan yang kokoh.

Dari dua gol yang bersarang di gawang Unai Simon, satu di antaranya adalah gol bunuh diri, menunjukkan ketangguhan lini belakang yang dipimpin oleh Aymeric Laporte dan Robin Le Normand.

Mereka berhasil meredam serangan dari tim-tim kuat seperti Kroasia, Italia, dan Jerman.

Baca Juga : Rekor Pertemuan Inggris vs Spanyol di Euro: Sejarah Manis Three Lions Jelang Final

Prancis: Tembok Pertahanan Kokoh

Lini belakang Prancis bahkan lebih impresif, hanya kebobolan satu gol yang berasal dari titik penalti oleh Robert Lewandowski. William Saliba dan koleganya menunjukkan ketangguhan dengan tidak kebobolan saat menghadapi tim-tim kuat seperti Belanda, Belgia, dan Portugal.

Namun, perjalanan Prancis ke semifinal tidak semulus Spanyol. Tim asuhan Didier Deschamps hanya meraih satu kemenangan di fase grup, dan kemenangan mereka di fase gugur juga didapat dari gol bunuh diri lawan dan adu penalti.

Baca Juga : Legenda Inggris Peringatkan Southgate: Harry Kane Harus Starter Lawan Belanda

Statistik dan Sejarah Pertemuan

Melihat performa kedua tim di Euro 2024, Spanyol lebih diunggulkan dengan persentase kemenangan terbaik di Eropa, memenangkan 15 dari 19 pertandingan di bawah asuhan De la Fuente.

Mereka sedang dalam rangkaian kemenangan terbaik sejak masa kejayaan pada Juni 2010. Morata dan rekan-rekannya berpeluang meraih trofi Euro untuk keempat kalinya setelah kemenangan di 1964, 2008, dan 2012.

Baca Juga : Kontroversi Warnai Kemenangan Spanyol atas Jerman, Petisi Minta Laga Diulang

Sedangkan Prancis akan berusaha meraih gelar ketiga setelah kemenangan di 1984 dan 2000.

Secara keseluruhan, dari 36 pertemuan di semua ajang, Spanyol unggul dengan 16 kemenangan, berbanding 13 milik Prancis, sementara tujuh laga lainnya berakhir imbang.

Dengan pertahanan kuat dari kedua tim, laga ini diprediksi akan menjadi duel taktis yang menentukan siapa yang akan melangkah ke final Euro 2024.

Penulis : Azwar
Komentar