Minggu, 14 Mei 2023 17:00

SDG Sulsel Asah Kreativitas Santri Lewat Pelatihan Membuat Kaligrafi dari Relawan Ganjar

SDG Sulsel Asah Kreativitas Santri Lewat Pelatihan Membuat Kaligrafi dari Relawan Ganjar

ABATANEWS, MAROS – Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menghelat berbagai kegiatan positif untuk meningkatkan kualitas para santri di pondok-pondok pesantren yang ada di Sulsel.

Salah satunya lewat pelatihan penulisan kaligrafi yang digelar di Pondok Pesantren Al-Mubarak di Desa Majannang, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Sulsel pada Minggu (14/5/2023).

Dipandu oleh pembuat kaligrafi profesional, para santri dibebaskan membuat tulisan kaligrafi dengan berbagai gambar hiasan sesuai dengan kreativitas mereka.

Baca Juga : Pembubaran TPN, Ganjar Tegaskan Bakal Jadi Oposisi Pemerintah

Koordinator Wilayah SDG Sulsel, Ahmad Zulfikar mengatakan, pelatihan penulisan kaligrafi ini berguna untuk mengasah kreativitas para santri.

“Ini guna mendorong dan mengembangkan kreativitas, nilai seni, serta memperkenalkan kepada santriwan dan santriwati bahwa kaligrafi ini merupakan bagian dari seni di Islam,” ujarnya.

Adapun dalam pelatihan tersebut para santri juga dibekali materi tentang asal muasal penulisan kaligrafi, jenis-jenis kaligrafi, hingga fungsi dan kegunaan kaligrafi.

Baca Juga : MK Kembali Beri Putusan Sidang Sengketa Pilpres, Giliran Gugatan 03 Ditolak

Kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang tata cara penulisan kaligrafi dan huruf arab yang benar, serta menanamkan nilai-nilai keindahan dan kecintaan kepada Al-Qur’an.

Dalam kunjungan ke Ponpes Al-Mubarak, relawan SDG Sulsel juga menyerahkan bantuan material untuk renovasi ruang kelas para santri yang rusak.

“Beberapa bulan lalu, pesantren ini khususnya ruang kelasnya terkena musibah, diterjang angin puting beliung. Semoga dari bantuan yang kami berikan berupa bahan material, bisa bermanfaat dan digunakan untuk renovasi pondok pesantren ini,” jelas Zulfikar.

Baca Juga : Ganjar Tak Mau Jadi Menteri di Kabinet, Gibran: Yang Menawari Siapa?

Relawan ini pun berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatannya yang bermanfaat lainnya. Tidak hanya di ponpes tapi juga dengan majelis-majelis taklim di Sulsel.

Program ini, disebut Zulfikar terinspirasi dari sosok Ganjar yang dikenal atas kedekatannya terhadap kalangan santri dan jemaah majelis.

“Rencana kegiatan berikutnya, masih di bulan Mei kami akan melakukan workshop sertifikasi halal. Yang nantinya kita akan bekerjasama dengan majelis-majelis taklim. Karena kita (relawan SDG) memang bersinergi dengan majelis taklim di Sulawesi Selatan,” sebutnya.

Baca Juga : Rekapitulasi Nasional Pemilu 2024 Telah Rampung di 25 Provinsi

– Harapan Santri Kepada Relawan SDG

Pengurus Ponpes Al-Mubarak, Ustaz Lukman menyebut pihaknya sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan dan bantuan yang diberikan relawan SDG kepada ponpesnya.

“Manfaatnya sangat luar biasa. Pelatihan-pelatihan seperti ini bisa menambah wawasan santri kami, untuk meningkatkan kualitas-kualitas mereka,” katanya.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Dianggap TPN Buntut Usulan Hak Angket

Lukman berharap agar relawan SDG bisa kembali berkunjung ke ponpesnya untuk memberikan lainnya. Salah satunya bantuan renovasi untuk fasilitas para santri, seperti ruangan MCK dan asrama para santri.

Bantuan ini diharapkan karena kondisi berbagai fasilitas di ponpes tersebut cukup mengkhawatirkan. Beberapa ruangan MCK bahkan terpantau sudah terbengkalai karena rusak.

“Kami berharap, setelah bantuan ini, masih ada pemberian bantuan lain seperti bantuan fasilitas, misalnya MCK. Kalau bisa ada bantuan lain untuk membantu kami,” harapnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar