Selasa, 07 Juni 2022 17:15

Presiden Jokowi Lantik Lagi Megawati Sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (7/6/2022). (Tangkapan kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (7/6/2022). (Tangkapan kanal YouTube Sekretariat Presiden)

ABATANEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (7/6/2022).

Pelantikan berlangsung mulai pukul 13.00 WIB. Megawati Soekarnoputri resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari. Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada nusa dan bangsa,” kata Jokowi diikuti Megawati, seperti dilihat pada kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga : Media Asing Ramai Nyinyirin Kaesang yang Gagal Maju Pilkada, Ungkit Jet Pribadi

Jokowi juga melantik Try Sutrisno sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP pada kesempatan itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (7/6/2022). (Tangkapan kanal YouTube Sekretariat Presiden)

Selain itu, ada beberapa tokoh yang dilantik sebagai Anggota Dewan Pengarah BPIP, seperti Said Aqil Siradj, Rikard Bangun, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, Muhammad Amin Abdullah, Wisnu Bawa Tenaya, dan Try Sutrisno.

Baca Juga : Jokowi Disambut Surya Paloh, Anies Kenakan Batik Saat Hadiri Kongres III NasDem

Pada kesempatan itu, Jokowi juga melantik kembali Yudian Wahyudi sebagai Kepala BPIP. Karjono yang sebelumnya menjabat Sekretaris Umum BPIP dilantik sebagai Wakil Kepala BPIP.

Megawati menjalani jabatan tersebut untuk kedua kalinya. Dia telah menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP sejak 2018.

Saat itu, posisi Kepala BPIP dijabat oleh Yudi Latif. Namun, ia mengundurkan diri usai polemik gaji BPIP. Posisi Yudi digantikan oleh Yudian Wahyudi.

Penulis : Imam Adzka
Komentar