Sabtu, 05 Juni 2021 15:39

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka Hari Ini, Ada 44 Ribu Kuota

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka Hari Ini, Ada 44 Ribu Kuota

ABATANEWS – Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-17 dibuka mulai hari ini, Sabtu (5/6/2021). Bagi yang ingin mendaftar dapat mengakses pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs https://prakerja.go.id.

“Gelombang 17 dibuka hari ini jam 12.00 WIB,” kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada wartawan.

Baca Juga : Buruan! Program Kartu Prakerja Gelombang 59 Telah Dibuka

Louisa mengatakan terdapat kuota 44 ribu peserta pada gelombang Kartu Prakerja kali ini. Jumlah itu untuk memenuhi kepesertaan yang sempat dicabut/gugur pada gelombang 12 hingga 16, karena peserta tidak membeli pelatihan setelah 30 hari menerima saldo pada Kartu Prakerjanya.

Langkah tersebut merupakan mandat dari Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Aturan itu menyatakan apabila dalam 30 hari usai menerima uang pelatihan Kartu Prakerja peserta belum membeli pelatihan pertama, maka status kepesertaannya dicabut.

Baca Juga : Kartu Prakerja Gelombang 57 Resmi Dibuka, Cek Syaratnya

Kartu Prakerja sendiri merupakan program besutan Presiden Joko Widodo yang dibuat dalam rangka mendorong masyarakat yang menganggur dan belum punya keterampilan mengikuti pelatihan dan pembinaan.

Jika memenuhi syarat tertentu dan mengikuti pelatihan dan pembinaan yang disediakan oleh program tersebut, maka peserta bakal diberikan insentif berupa uang.

Untuk semester pertama tahun ini, pemerintah mengalokasikan Rp10 Triliun untuk dana Kartu Prakerja.

Komentar