Selasa, 11 Oktober 2022 11:18

Pemkab Maros Dapat Mobil Dapur Umum dari Kemensos

Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Nuryadi menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kemensos RI ke perwakilan Tim Dapur Umum Lapangan Kabupaten Maros di Lapangan Pallantikang, Senin (10/10/2022). (foto: Kominfo Maros)
Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Nuryadi menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kemensos RI ke perwakilan Tim Dapur Umum Lapangan Kabupaten Maros di Lapangan Pallantikang, Senin (10/10/2022). (foto: Kominfo Maros)

ABATANEWS, MAROS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros mendapat bantuan satu unit Mobil Dapur Umum Lapangan (DUMLAP) taktis yang berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Bantuan ini, guna mendukung kesigapan Pemkab Maros dalam penanggulangan bencana.

“Hadirnya DUMLAP ini betul-betul dapat mendukung kesiapsiagaan bencana secara taktis. Terutama dalam menyediakan atau mengalirkan makanan bagi korban bencana hingga ke titik lokasi,” ujar Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, dalam keterangan tertulisnya diterima Selasa (11/10/2022).

Mobil dapur umum itu, kemudian diserahkan kepada perwakilan Tim Dapur Umum Lapangan Kabupaten Maros. Penyerahan dilakukan usai dilaksanakan apel pagi di Lapangan Pallantikang, Senin (10/10/2022).

Baca Juga : Bupati Maros Luncurkan Program Inkubasi Pertanian di Tompobulu

Unit mobil taktis ini, dilengkapi box dapur utama, box water (untuk pembersih), peralatan dapur, freezer, tenda, genset, lampu sorot dan kotak P3k.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Maros menyerahkan Bantuan CSR dari Bank BPD Sulselbar berupa 70 Tenda Lipat bagi Pedagang Pasar Subuh di Pasar Tramo. “Serta bantuan 220 rak telur dari PT Japfa Comfed, PT Surya Utama Raya dan PT Mega Satwa Perkasa untuk perbaikan dan kepuasan gizi bagi masyarakat yang ananknya menyandang stunting,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Nuryadi menjelaskan detail DUMLAP ini. Dikatakannya, DUMLAP ini mampu menyediakan logistik bahan makanan untuk sekitar 1000 orang.

Baca Juga : Wacana Pemberian Bansos ke Korban Judi Online, MUI: Masa Iya Kita Prioritaskan Mereka?

Mobil ini nantinya akan standby di pelataran Kantor Dinas Sosial ketika dibutuhkan, dan sigap menuju lokasi bencana untuk mendistribusikan makanan ke posko-posko penanganan bencana. Tim yang akan mengoperasikan DUMLAP ini merupakan tim yang telah disimpan dan bersertifikat, bahkan pernah memenangkan lomba dapur lapangan.

“Crew dapur Dinsos terdiri 12 orang, dan mereka telah terbukti pernah memenangkan 2 lomba dapur lapangan tingkat Provinsi Sulsel, hanya saja saat itu kita belum punya mobil DUMLAP” tutur Kadis Sosial.

Penulis : Wahyuddin
Komentar