Selasa, 10 Mei 2022 18:18

Pemerintah Jepang Beri Penghargaan Tertinggi, JK: Ini Untuk Indonesia

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalladan keluarga saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang pada Selasa (10/5/2022). (Foto: Tim JK)
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalladan keluarga saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang pada Selasa (10/5/2022). (Foto: Tim JK)

ABATANEWS, JAKARTA – Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla (JK) meraih penghargaan tertinggi bintang jasa utama The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Pemerintah Jepang.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito melalui upacara kenegaraan di Istana Kekaisaran (Imperial Palace) pada Selasa (10/5/2022).

“Ini adalah penghargaan bukan hanya ke saya, tapi juga kepada bangsa Indonesia,” kata JK dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga : Amran Sulaiman Jabat Ketua IKA Unhas, Danny: Kontribusi Besar Dunia Pendidikan

Menurut Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu, dirinya memang memiliki hubungan baik dengan sejumlah pejabat negara di Jepang, terlebih saat masih aktif sebagai pejabat negara.

“Hubungan kita bernegara juga lancar dan secara hubungan politis selama ini cukup baik, kita jaga, kita punya hubungan sama Jepang selama ini. Semua ini merupakan suatu kewajiban pemerintah Indonesia ini untuk menjaga hubungan-hubungan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah bentuk penghormatan Jepang kepada tokoh-tokoh terbaik dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga : Dihadapan JK, ASS dan DP Kompak Bahas Ekonomi

Heri mengatakan penghormatan dari pemerintah Jepang kepada JK ini dilakukan karena mantan Wakil Presiden RI itu dianggap telah berjasa memperkuat hubungan kedua negara.

“Kita harapkan dukungan yang terus menerus dari Bapak Jusuf Kalla, untuk terus mendorong dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang,” ujar Heri.

Adapun bintang jasa The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang sebelumnya pernah diterima oleh Menteri Luar Negeri RI periode 1988 – 1999 Ali Alatas pada 2007 dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2010 – 2014 Ginanjar Kartasasmita pada 2008.

Baca Juga : JK Dikabarkan Hadir pada Pelantikan Pengurus IKA Unhas Periode 2022-2026

Penghargaan Order of the Rising Sun diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam hubungan internasional, promosi budaya Jepang, dan pelestarian lingkungan.

Sebagai informasi, terdapat sejumlah tingkatan dari penghargaan Order of the Rising Sun ini, yang tertinggi yaitu The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

Kemudian ada The Order of the Rising Sun Gold and Silver Star; The Order of the Rising Sun Gold Rays with Neck Ribbon; The Order of the Rising Sun Gold Rays with Rosette; The Order of the Rising Sun Gold and Silver Rays, dan terakhir The Order of the Rising Sun Silver Rays.

Baca Juga : Palsukan Tanda Tangan JK, Arief Rosyid Dipecat dari DMI

Selain kepada JK, Pemerintah Jepang juga memberikan penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun Gold and Silver Star kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamenku Buwono X dan Duta Besar RI untuk Jepang periode 2013-2016 Yusron Ihza Mahendra.

Penulis : Imam Adzka
Komentar