Sabtu, 01 Mei 2021 08:02

May Day, 50 Ribu Lebih Buruh Akan Lakukan Aksi

May Day, 50 Ribu Lebih Buruh Akan Lakukan Aksi

ABATANEWS – Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2021 tetap akan diwarnai aksi demo meskipun masih dalam pandemi Covid-19.

Salah satu elemen buruh yang bakal turun ke jalan adalah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut akan diikuti puluhan ribu buruh dari berbagai daerah di Indonesia.

“Khusus KSPI, aksi May Day ini akan diikuti 50.000 buruh yang sudah tercatat, yang sudah dilakukan pendataan lebih dari 50.000 buruh di 24 provinsi,” kata Iqbal dalam konferensi pers, sebelumnya.

Baca Juga : Siap-siap, Ribuan Buruh Bakal Padati Istana Siang Ini Demo Tapera

Iqbal mengatakan, Buruh akan melakukan aksi di daerah masing-masing. Buruh akan aksi di depan kantor pemerintah daerah atau di pabrik masing-masing.

Sementara untuk di Jakarta aksi buruh akan dilangsungkan di depan istana dan Mahkamah Konstitusi (MK). Aksi di MK untuk meminta mencabut UU omnibus law yang banyak merugikan pihak buruh.

“Meminta hakim Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan atau mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja Nomor 11 2020 khususnya klaster ketenagakerjaan,” kata Iqbal.

Baca Juga : Program Tapera Tuai Kritik, Menko Airlangga Minta Menkeu dan Menteri PUPR Turun Tangan

Menurut Iqbal, massa aksi juga mendorong agar hakim Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji formil yang diajukan perwakilan buruh terhadap UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dalam aksinya, semua buruh diminta untuk menaati standar peotokol covid-19.

Komentar
Berita Terbaru