Minggu, 30 Juni 2024 14:14

Kota Ini Tawarkan Tanah Murah Seharga Seribu Rupiah untuk Atasi Masalah Populasi

Kota Ini Tawarkan Tanah Murah Seharga Seribu Rupiah untuk Atasi Masalah Populasi

ABATANEWS, SWEDIA — Goten, sebuah kota kecil di Swedia dengan populasi sekitar 5.000 jiwa, telah meluncurkan kampanye tanah murah dalam upaya untuk menambah jumlah penduduk dan mengatasi masalah populasi yang menua serta rendahnya angka kelahiran. Langkah ini mendapat perhatian luas karena harga tanah yang ditawarkan sangat murah, hanya 0,08 euro atau sekitar Rp 1.400 per meter persegi.

Wali Kota Goten, Johan Mansson, menyatakan bahwa kampanye ini terbuka untuk semua orang, termasuk warga asing.

“Siapa pun boleh membeli salah satu lahan tersebut. Tidak ada aturan atau persyaratan khusus siapa yang boleh membelinya. Akan sangat luar biasa jika kita bisa membuat orang-orang dari luar negeri tertarik untuk membeli tanah di sini juga,” ujar Mansson, dikutip dari Euronews.

Meskipun Mansson tidak merinci persyaratan bagi pembeli tanah, seperti apakah mereka harus memiliki izin tinggal atau menjadi warga negara Swedia, dia menekankan pentingnya komitmen untuk memanfaatkan lahan tersebut. Pembeli diharuskan untuk mulai membangun di lahan mereka dalam waktu dua tahun, jika tidak, tanah tersebut harus dikembalikan kepada pemerintah kota setempat.

“Beberapa dari lahan ini telah dijual selama bertahun-tahun, seringkali puluhan tahun, karena lahan tersebut kurang lebih telah dilupakan,” kata Mansson.

Sejak kampanye dimulai sebulan yang lalu, tiga bidang tanah telah terjual dan minat dari calon pembeli terus meningkat. Kampanye ini direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025, memberikan kesempatan luas bagi mereka yang ingin memiliki tanah di kota kecil yang menawarkan ketenangan dan peluang baru ini.

Dengan pendekatan ini, Goten berharap dapat menarik penduduk baru dan menciptakan lingkungan yang lebih dinamis dan beragam, serta mengatasi tantangan demografis yang dihadapinya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar