Minggu, 30 Mei 2021 13:29

Komisi V DPR Minta Kemenhub Investigasi Penuh Terbakarnya KM Karya Indah

Komisi V DPR Minta Kemenhub Investigasi Penuh Terbakarnya KM Karya Indah

ABATANEWS, JAKARTA – Kapal Motor (KM) Karya Indah terbakar di peraitan Maluku Utara (Malut). Hingga Minggu (30/5/2021) pagi Basarnas masih melakukan pencarian terhadap satu orang korban.

Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi menyampaikan keprihatinan akibat musibah tersebut. Dia meminta Kementerian Perhubungan melakukan investigasi penuh terkait penyebab kebakaran KM Karya Indah.

“Secepatnya kami ingin tahu penyebab kebakaran. Apakah semua prosedur sudah sesuai dan kapal memang layak jalan. Kita minta Kemenhub investigasi menyeluruh,” kata Anggota Fraksi Partai Golkar itu.

Baca Juga : Sukses Juara Ketiga di Bali, Abang Fauzi Apresiasi Atlet Cricket Luwu Utara

KM Karya Indah mengalami kebakaran di tengah lautan Malut pada Sabtu (29/5/2021). Kapal tersebut kini telah dievakuasi ke pulau terdekat dari lokasi kebakaran.

Fauzi mengatakan, kelayakan jalan kapal menjadi hal yang mutlak dipenuhi. Setiap kapal yang beroperasi tentu harus memenuhi standar syarat keselamatan. Begitu juga dengan kelengkapan alat keselamatan seperti alat pemadam kebakaran dan peralatan lainnya.

Sementara itu, pada Minggu pagi, Basarnas Ternate melakukan pencarian terhadap korban Dedi Hidayat (43 tahun).

Baca Juga : DPR RI Akan Minta Pemerintah Cabut Izin Travel Haji dan Umrah yang Langgar Aturan

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan tim gabungan tengah melanjutkan pencarian pada Minggu pukul 07.00 WIT untuk menyisir areal lokasi.

Petugas dibagi menjadi 5 tim bergerak menuju ke lokasi yang telah ditentukan untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan. Tim SAR terdiri dari Unit Siaga SAR Sanana, personel Polres, TNI, KUPP, KN Ular Laut Bakamla, KRI Al-Bakora dan dibantu puluhan warga masyarakat.

Komentar