Kamis, 22 Februari 2024 13:05

Jokowi Resmikan Makassar New Port, Akan Dikembangkan Dengan Nilai Invetasi Rp 10 T

Jokowi Resmikan Makassar New Port, Akan Dikembangkan Dengan Nilai Invetasi Rp 10 T

ABATANEWS, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Strategis Nasional Makassar New Port (MNP). Pelabuhan hub terbesar di Indonesia Timur ini diresmikan pada Kamis (22/2/2024).

Jokowi mengatakan anggaran yang digunakan dalam membangun Makassar anew Port mencapai Rp 5,4 Triliun. Pelabuhan ini akan memberikan dampak peningkatan daya saing bagi produk-produk di Indonesia bagian Timur, serta efisiensi biaya logistik juga akan semakin baik.

“Produk-produk di Indonesia bagian Timur bisa bersaing dengan wilayah Indonesia lainnya atau dengan negara lain, dan tidak sedikit lho ya anggaran investasi untuk Makassar New Port ini Rp 5,4 Triliun. Sangat besar sekali,” ungkap Jokowi.

Baca Juga : Segini Anggaran Digunakan Bangun Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Wahidin Sudirohusodo

Meski bernilai fantastis, Jokowi menegaskan pembangunan pelabuhan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Bahkan, ia menyebut Makassar New Port akan terus dikembangkan hingga nilai investasi mencapai Rp 10 Triliun.

“Tadi kan Pak Menteri BUMN sudah sampaikan ini Rp 5,4 Triliun akan diinvestasikan lagi sampai ke angka Rp 10 triliun,” jelas Jokowi.

Jokowi menambahkan perpindahan kegiatan logistik dari pelabuhan lama baru 30 persen. Ia berharap perpindahan logistik akan dilakukan bertahap hingga 100 persen.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar