Sabtu, 23 Maret 2024 17:05

ISIS Disebut Bertanggung Jawab Atas Serangan Brutal di Moskow

Gedung Konser Crocus City Hall yang diserang terorisme hingga menewaskan 60 orang pada Jumat (22/3/2024).
Gedung Konser Crocus City Hall yang diserang terorisme hingga menewaskan 60 orang pada Jumat (22/3/2024).

ABATANEWS.COM – Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengakui dalang dari serangan di kompleks tempat konser populer di Moskow pada Jumat (22/3/2024) waktu setempat.

Pihak ISIS, bahkan bertanggung jawab atas serangan terorisme yang menggunakan senjata api dan menewaskan sedikitnya 60 orang dan melukai 145 orang.

Berdasarkan laporan CNN Global, ISIS telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan singkat yang diterbitkan oleh kantor berita yang berafiliasi dengan ISIS, Amaq, di Telegram pada Jumat.

Baca Juga : Betapa Paniknya Anak-anak Ditembaki Saat Rayakan Idul Fitri di Philadelphia, 3 Luka

Hanya saja, pernyataan itu tidak memberikan bukti yang mendukung klaim atas serangan di negeri berjuluk Beruang Merah.

Namun, pejabat kontraterorisme AS mengatakan ISIS berusaha meningkatkan serangan eksternalnya setelah periode yang relatif tenang.

’Sebuah cabang ISIS pada Jumat mengaku bertanggung jawab atas serangan di Moskow yang menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai sekitar 100 lainnya. Dan, para pejabat AS mengkonfirmasi klaim tersebut tidak lama kemudian,’’ sebut New York Times dalam laporannya berjudul ‘US Says ISIS Was Responsible for Deadly Moscow Concert Hall Attack’.

Baca Juga : 2 Teroris Diringkus Densus 88, Polisi Duga Ada Kaitan Dengan Penangkapan di Solo

Sebelumnya, serangan tersebut terekam dalam video dari Balai Kota Crocus yang menunjukkan kompleks luas, yang merupakan sebuah aula musik dan pusat perbelanjaan, yang terbakar dengan asap mengepul ke udara.

Kantor berita pemerintah Rusia, RIA Novosti, melaporkan orang-orang bersenjata tersebut melepaskan tembakan dengan senjata otomatis dan melemparkan granat atau bom pembakar, yang memicu kebakaran. Mereka kemudian diduga melarikan diri dengan mobil Renault putih.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar