Selasa, 22 November 2022 09:14

Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan Sebelum Melawan Inggris

Penyerang Timnas Iran, Mehdi Taremi (memegang bola) saat memperkecil mencetak gol balasan atas Timnas Inggris di laga kedua Grup A, Piala Dunia 2022.
Penyerang Timnas Iran, Mehdi Taremi (memegang bola) saat memperkecil mencetak gol balasan atas Timnas Inggris di laga kedua Grup A, Piala Dunia 2022.

ABATANEWS – Pertandingan kedua Grup A Piala Dunia 2022 di Qatar antara Timnas Iran versus Timnas Inggris diwarnai sejumlah insiden.

Salah satu yang paling nampak saat kiper Iran, Alireza Beiranvand berbenturan dengan rekan setimnya hingga hidungnya berdarah dan ia dikabarkan geger otak.

Namun, ada insiden lain yang terjadi sebelum laga berlangsung di Stadion Internasional Khalifah, di Kota Doha, Qatar, Senin (21/11/2022).

Baca Juga : Tersingkir di Babak 16 Besar, Timnas Spanyol Alami Dejavu

Yakni, diketahui bahwa pemain Timnas Iran menolak untuk menyanyikan lagu kebangsaannya saat pembukaan kampanye pertama mereka di Piala Dunia 2022.

Saat itu, lagu kebangsaan Iran memang dikumandangkan dihadapan ribuan pendukungnya hingga pendukung Inggris.

Akan tetapi, para pemain tak mengucapkan sepatah kata pun atau terdiam hingga tak mengikuti lirik dari lagu kebangsaan Iran.

Baca Juga : Pelatih Maroko Beberkan Strategi Jelang Hadapi Gempuran Spanyol

“Tim sepak bola nasional Iran tidak menyanyikan lagu kebangsaan negara itu sebelum pertandingan pembuka Piala Dunia mereka melawan Inggris pada hari Senin,” klime penggalan artikel yang diterbitkan Variety.com, dilansir Selasa (22/11/2022).

Penolakan yang dilakukan pemain Iran di lapangan, ditenggarai sebagai bentuk protes atas meninggalnya Mahsa Amini.

Diketahui, protes telah meningkat di Iran sejak kematian Amini yang berusia 22 tahun pada 16 September.

Baca Juga : 4 Negara Telah Lolos 8 Besar Piala Dunia 2022, Berikut Jadwalnya

Ia meninggal saat berada dalam tahanan polisi moralitas Iran setelah dia ditangkap karena tidak mengenakan jilbab, atau kerudung, yang diamanatkan negara untuk wanita.

Menurut organisasi Aktivis Hak Asasi Manusia, telah menyebabkan lebih dari 400 pengunjuk rasa tewas sejak protes dimulai dan lebih dari 16.000 orang ditangkap.

“Dan tampaknya jelas protes tersebut sekarang juga bergema di lapangan sepak bola di Doha,” demikian artikel Variety.

Baca Juga : 16 Besar Piala Dunia: Belanda dan Argentina Belum Ketemu Lawan Sepadan

Adapun di laga tersebut, Timnas Iran harus tumbang dari Timnas Inggris dengan skor telak 6-2.

Masing-masing gol dari Timnas Inggris dihasilkan Jude Bellingham (35), Bukayo Saka (43) (62), Raheem Sterling (45+1), Marcus Rashford (71), dan Jack Grealish (90).

Sementara dua gol yang dicetak Timnas Iran, berasal dari Mehdi Taremi di menit 65 dan hadiah penalti di menit 90+13.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar