Rabu, 07 Februari 2024 21:20

Gunakan Meter Besar tapi Pemakaian Air Nol, PDAM Makassar Turun Lakukan Pengecekan

Gunakan Meter Besar tapi Pemakaian Air Nol, PDAM Makassar Turun Lakukan Pengecekan

ABATANEWS, MAKASSAR — Hari ini (7/2/2024) PDAM Makassar melanjutkan operasi dan pemeriksaan terhadap meter pelanggan. Tapi kali ini yang disasar adalah obyek yang mempunyai meter air dengan diameter besar atau 1 inci ke atas.

Beni Iskandar dalam keterangannya menyampaikan bahwa sebenarnya hal ini dilakukan adalah kegiatan rutin untuk melakukan pengecekan meteran pelanggan. Hanya saja, sebelumnya adalah meteran rumah tangga dan niaga atau usaha kecil yang mempunyai diameter kecil.

Beni menambahkan bahwa disinyalir ada beberapa pelanggan yang mempunyai diameter besar sengaja tidak menggunakan air, apakah dengan alasan memakai air sumur tanah/bor atau memang ada hal ilegal berupa sambungan langsung tidak melewati meteran.

Baca Juga : Survei Kepuasan Pelanggan PDAM Makassar Meningkat, Beni Iskandar: Bukti Pengabdian Terus Mengalir

“Hal inilah yang menjadi perhatian kami, karena banyak pelanggan sama sekali tidak menggunakan air PDAM yang notabene waktu awal mendaftar mereka dipasangkan meteran besar, tentunya itu disesuaikan dengan kebutuhan air mereka,” ujar Beni yang juga Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Makassar.

Pelanggan yang disasar untuk dilakukan pemeriksaan itu ada di beberapa tempat, di sekitar kawasan GMTD diantaranya PT. Gammara, PT. Trans Kalla, Rusunawa, sementara di PT. Kawasan Industri Makassar (PT.Kima) juga tak luput dari pemeriksaan. Selain itu CV. Ketupak Mas, PT Indonusa, PT. Indobrus Utama serta dibilangan Jalan Cendrawasih yakni Balai Diklat Pariwisata, Lanjut Beni.

Ada juga petugas melakukan pengecekan di Kampus STIA-LAN Makassar yang juga berdasarkan data tidak menggunakan air PDAM untuk sementara waktu karena tidak ada peserta diklat, karena memang Air PDAM hanya dipakai apabila ada peserta diklat yang menginap.

Baca Juga : Pipa PDAM Makassar Bocor di Daerah Perintis, Pasokan Air di Sejumlah Wilayah Terganggu

Terakhir Dirut PDAM Makassar menghimbau kepada seluruh pelanggan yang mempunyai meteran besar agar tidak main-main apalagi mempergunakan air PDAM yang diambil secara ilegal, baik itu menyambung langsung atau mengganggu dan menghalangi meteran air membaca air yang masuk karena itu akan berakibat fatal dengan menanggung denda dan penutupan instalasi baik itu sementara maupun Permanen.

Kegiatan pengecekan ini akan terus dilakukan dalam bulan ini untuk semua pelanggan meter besar, karena datanya sudah lengkap.

“Jadi bukan hari ini saja kami lakukan pemeriksaan, tapi akan terus menjadi fokus kita, selain untuk preventif juga mencari fakta di lapangan penggunaan air secara ilegal,” tutup Beni.

Penulis : Azwar
Komentar