Sabtu, 15 April 2023 15:07

Gubernur Bali Tegaskan Lagi Tak Boleh Ada Israel di World Beach Games 2023

Gubernur Bali Tegaskan Lagi Tak Boleh Ada Israel di World Beach Games 2023

ABATANEWS, BALI – Gubernur Bali I Wayan Koster kembali menegaskan penolakannya terhadap kedatangan kontingen Israel pada kejuaraan World Beach Games 2023, yang akan berlangsung di Bali, pada 5-12 Agustus mendatang.

“Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Artinya penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali dilaksanakan tanpa kehadiran tim Israel,” kata Koster dalam keterangan tertulisnya, pada Sabtu (15/4/2023).

Alasannya masih sama seperti penolakannya terhadap Timnas Israel pada cabang olahraga sepakbola, untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Baca Juga : Seluruh Venue PON XXI Aceh Diprediksi Rampung Juli 2024

Ketegasan Koster juga ini merupakan respons atas pertemuannya dengan Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, kemarin (14/4/2023).

“Saya tegaskan berita ini tidak benar, sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran tim Israel dalam World Beach Games di Bali tahun 2023,” ujar Koster.

Gubernur Koster juga menegaskan siap mendukung penuh penyelenggaraan World Beach Games di Bali tahun 2023 agar berjalan lancar dan sukses namun, “Sepanjang sesuai kesepakatan tanpa kehadiran tim Israel.”

Baca Juga : Menpora Dito Harap Cabor Angkat Besi Pecah Telur Raih Emas di Olimpiade Paris 2024

Sebelumnya, Menpora Dito menyebut, Pemerintah Provinsi Bali mendukung penuh perhelatan World Beach Games 2023.

Hanya memang, perihal kesediaan Pemprov Bali menerima kontingen Israel, belum disampaikan resminya.

“Itu kita akan ada pengumuman di Minggu depan. Jadi ikuti aja resminya, yang pasti kita tidak akan keluar dari konstitusi. Tenang, pokoknya kita ikut aturan dan konstitusi,” ujar Dito.

Penulis : Wahyuddin
Komentar