Rabu, 20 September 2023 12:10

Jokowi Target Kontigen Indonesia Peringkat 10 Besar Asian Games 2023

Presiden Joko Widodo saat melepas secara simbolis Kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang Asian Games ke-19, di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok, Rabu (19/9/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo saat melepas secara simbolis Kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang Asian Games ke-19, di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok, Rabu (19/9/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

ABATANEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mematok target kepada kontigen Indonesia yang tampil di Asian Games 2023 di China. Jokowi menargetkan Indonesia bisa finis di 10 besar perolehan medali di ajang tersebut.

“Tahun ini menurut kalkulasi Menteri Pemuda dan Olahraga kita akan masuk peringkat 12. Target saya masuk 10 besar,” kata Jokowi dalam keterangan persnya saat melepas kontigen Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu kemarin.

Memudutnya, target tersebut cukup realistis mengingat Indonesia bukan bertindak sebagai tuan rumah. Dibandingkan pada Asian Games 2018 lalu saat Indonesia jadi tuan rumah, mampu menempati posisi 4 klasemen akhir perolehan medali.

Baca Juga : Heboh Bos Judi Online Berinisial T, Jokowi Ogah Beri Tanggapan

Di mana kala itu, kontigen Indonesia mampu mengumpulkan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu dengan total medali 98. Sementara berasa di bawah Korea Selatan (peringkat 3), Jepang (peringkat 2) dan China (peringkat 1).

“Saya sadar jadi tuan rumah dan bukan tuan rumah berbeda. Tapi, saya targetkan masuk 10 besar. Biasanya hitungan saya tidak meleset,” tegas Jokowi.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan, pada Asian Games kali ini, Indonesia mengirim 576 orang, tterdiri dari 413 atlet, 132 ofisial, dan 28 Tim Chef de Mission. Ia berharap dukungan serta doa seluruh masyarakat supaya Kontingen Indonesia menunjukkan performa terbaik untuk meraih hasil maksimal.

Baca Juga : Potret Jokowi Ikuti Proses Coklit Data Pemilih Pilkada 2024

Asian Games ke-19 juga jadi event persiapan atlet-atlet nasional menuju Olimpiade Paris 2024,” jelasnya.

Sekadar informasi, ajang multievent terakbar di kawasan Asia yang memainkan 40 cabang olahraga dan 61 nomor akan berlangsung dari tanggal 23 September sampai 8 Oktober 2023.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar
Berita Terbaru