Jumat, 26 November 2021 17:12

Ditemukan Artefak Perhiasan Berusia 150.000 Tahun, Begini Penampakannya

(photo/Dok. A. Bouzouggar/Insap/Morocco)
(photo/Dok. A. Bouzouggar/Insap/Morocco)

ABATANEWSArkeolog dilaporkan telah melakukan penggalian dan temukan artefak berupa perhiasan yang dianggap sebagai tertua dalam sejarah. Koleksi artefak itu terdiri dari 33 manik-manik dari cangkang dengan usia hampir 150.000 tahun.

Mengutip Science Advances, koleksi perhiasan itu ditemukan peneliti pada 2014 lalu. Mereka pun melakukan sejumlah tes, seperti lakukan penanggalan seri uranium untuk menentukan usia cangkang hingga dengan sedimen di sekitarnya.

Koleksi perhiasan tertua itu berhasil ditemukan arkeolog saat lakukan penggalian di Gua Bizmoune, sebuah area yang berada di bagian barat daya Maroko. Melihat hal itu, Steven L. Kuhn selaku profesor antropolog dari Arizona University dan anggota tim peneliti artefak memberikan komentarnya.

Baca Juga : Viral, Pria Ngamuk di Jalan Raya Berujung Dilumpuhkan Polisi Hingga TNI

“Artefak ini bisa jadi merupakan bagian dari cara orang-orang zaman itu mengekspresikan identitas mereka lewat apa yang dikenakan,” ungkapnya dalam sebuah pernyataan.

“Itu (koleksi perhiasan) menunjukkan bahwa perhiasan sudah ada dari ratusan ribu tahun lalu itu menandakan bahwa manusia sudah tertarik untuk berkomunikasi ke orang yang lebih banyak lagi di luar lingkungan terdekat seperti keluarga mereka”. lanjutnya.

Sumber: Indozone

Komentar