Rabu, 30 Agustus 2023 21:10

BBM Pertalite Dihapus Tahun Depan, Diganti Pertamax Green 92

Ilustrasi SPBU
Ilustrasi SPBU

ABATANEWS.COM – Bahan Bakar Minyak (BBM) nersubsidi jenis RON 90 atau Pertalite dipastikan akan dihapus tahun depan. Kebijakan ini diambil oleh PT Pertamina (Persero) untuk menekan gas buang dari bahan bakar kendaraan.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, mengatakan langkah ini diambil sesuai dengan recanana Program Langit Biru tahap dua. Di mana BBM subsidi naikan dari RON 90 ke RON 92.

“Karena aturan KLHK itu menyatakan oktan number yang boleh dijual di Indonesia itu minimal 91,” kata Nicke saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII di DPR, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga : Konsumsi Pertamax Turpo di H-1 Idul Fitri Tembus 104 Persen

Menurutnya, angka oktan RON 90 akan dinaikan menjadi RON 92 lewat pencampuran dengan etanol 7 persen (E7) mulai tahun depan. Hasil bauran bensin dengan kandungan 7 persen turunan tetes tebu itu nantinya bakal menghasilkan produk baru, Pertamax Green 92.

Diharapkan, produk Pertamax Green 92 dapat beredar di tengah masyarakat sebanyak 32,68 juta kiloliter (KL) tahun depan. Dengan asumsi bauran 7 persen, etanol yang dibutuhkan saat itu diperkirakan mencapai 2,29 juta KL.

Sementara pada tahun yang sama, produksi Pertamax Green 95 diperkirakan dapat mencapai 62.231 KL dengan serapan etanol sebesar 4.978 KL. Namun, pihaknya perlu support satu pembebasan bea cukai melalui bahan etanol.

Baca Juga : Digeruduk Netizen, Pertamina Akan Investigasi Karyawan yang Ludahi Wanita

“Kedua, sampai investasi bioetanol ini terjadi di dalam negeri, maka kita harus impor dulu tapi itu tidak masalah karena kita pun impor gasoline, kita hanya ganti impor gasoline dengan etanol,” kelasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar