Selasa, 26 Maret 2024 04:30

Awas! Penipu Catut Nama Bupati Lutra dan Anggota DPR RI Muh Fauzi Telan Korban, Merugi 17,5 Juta

Awas! Penipu Catut Nama Bupati Lutra dan Anggota DPR RI Muh Fauzi Telan Korban, Merugi 17,5 Juta

ABATANEWS, LUWU UTARA — Penipuan dengan mencatut nama pejabat kembali menelan korban. Kali ini nama Anggota DPR RI Muhammad Fauzi dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani yang dipakai untuk melakukan penipuan.

Tak tanggung-tanggung, oknum penipu tersebut mengelabui korban dengan kerugian Rp17,5 juta.

Penipuan tersebut menimpa Ramli, warga Desa Cendana Putih 2, Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara. Modusnya, penipu mengiming-imingi korban dengan bantuan pembangunan masjid.

Baca Juga : Star di Lapangan Limbong, Ratusan Peserta Jajal Jalur Bike Rangkong

“Awalnya saya di chat lewat facebook oleh akun mengatasnamakan Abang Fauzi (Muhammad Fauzi). Komunikasi berlanjut di Whatsapp dan mengaku ingin mengirim bantuan pembangunan masjid. Kebetulan memang di daerah saya masjid sedang dibangun,” katanya.

Oknum tersebut kemudian mengirimkan bukti transfer palsu ke rekening masjid senilai Rp21 juta. Usai mengirim bukti transfer, penipu meminta untuk mengirimkan dana Rp7,5 juta ke panti asuhan dan mengirimkan nomor rekening.

“Karena kondisinya malam, bendahara masjid tidak bisa mengecek dana masuk di rekening. Karena kami percaya kami kirimlah uang Rp7,5 juta ke rekening yang dimaksud,” ceritanya.

Baca Juga : Komitmen Pemda Luwu Utara Laksanakan Wonderful Rongkong Sebagai Event Tahunan

Tak sampai disitu, penipu tersebut kemudian mengirim kembali bukti transfer mengatasnamakan Bupati Lutra Indah Putri Indriani senilai Rp25 juta. Dengan modus yang sama dia meminta untuk mengirimkan kembali uang senilai Rp10 juta ke rekening panti asuhan yang sebenarnya rekening oknum penipu tersebut.

“Jadi total Rp17,5 juta uang bendahara masjid yang dikirim. Itu uang pribadi bendahara karena memang saat itu malam hari dan tidak sempat melakukan transaksi di rekening masjid,” tambah Ramli.

Ia pun baru menyadari penipuan tersebut setelah beberapa orang tokoh masyarakat menyampaikan kecurigaan. Setelah dicek benar saja, Ramli telah menjadi korban penipuan.

Baca Juga : Wonderful Rongkong Resmi Dibuka, Bupati Indah: Hobi Menyatukan Kita

Anggota DPR RI Muhammad Fauzi mengatakan, sebelumnya telah banyak pihak yang menghubunginya terkait modus penipuan tersebut. Suami bupati Lutra Indah Putri Indriani tersebut juga telah berulang kali mengingatkan agar tidak percaya jika ada oknum yang menghubungi lewat facebook atau whatsapp.

“Kita prihatin dengan keadaan ini. Saya sarankan segera laporkan ke pihak berwajib. Saya mengimbau masyarakat jangan percaya jika ada yang menghubungi lewat facebook atau whatsapp mengatasnamakan saya pribadi atau istri (Indah Putri Indriani),” kata Fauzi.

Penulis : Azwar
Komentar