Senin, 19 Juli 2021 22:04

AS, Inggris, dan Australia Tuduh China Retas Microsoft Exchange

AS, Inggris, dan Australia Tuduh China Retas Microsoft Exchange

ABATANEWS — Australia bersama Amerika Serikat dan Inggris menuduh China terlibat dalam aktivitas peretasan dunia maya yang berbahaya. Termasuk peretasan global pada perangkat lunak Microsoft Exchange yang membahayakan puluhan ribu komputer awal tahun ini.

Dalam pernyataan bersama, Menteri Dalam Negeri Karen Andrews, Menteri Luar Negeri Marise Payne dan Pertahanan Peter Dutton juga menyatakan keprihatinan serius tentang laporan penggunaan peretas kriminal oleh China.

“Pemerintah Australia sangat prihatin dengan laporan dari mitra internasional kami bahwa Kementerian Keamanan Negara China melibatkan peretas kontrak yang telah melakukan pencurian kekayaan intelektual berbasis cyber untuk keuntungan pribadi dan untuk memberikan keuntungan komersial kepada Pemerintah China,” kata pernyataan itu dilansir abc.net.au.

Baca Juga : Mahfud Sebut Sudah Mulai Tahu Siapa Bjorka, Johnny G Plate Akhirnya Ngaku Data Bocor

“Australia meminta semua negara – termasuk China – untuk bertindak secara bertanggung jawab di dunia maya.”

Peretasan Microsoft Exchange pertama kali diidentifikasi pada Januari dan dengan cepat dikaitkan dengan mata-mata dunia maya China oleh kelompok sektor swasta.

Tetapi sampai sekarang Australia, dan negara-negara yang berpikiran sama, secara terbuka mengaitkan serangan siber dengan Beijing.

Baca Juga : Pemerintah Bentuk Timsus Lawan Hacker, Bjorka: Perlu Bantuan Saya?

“Tindakan ini telah merusak stabilitas dan keamanan internasional dengan membuka pintu bagi berbagai aktor lain, termasuk penjahat dunia maya, yang terus mengeksploitasi kerentanan ini untuk keuntungan gelap,” kata pemerintah Australia dalam sebuah pernyataan.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya bergabung dengan negara-negara lain menuntut tanggung jawab Republik Rakyat China atas apa yang digambarkannya sebagai pola perilaku yang tidak bertanggung jawab, mengganggu, dan tidak stabil di dunia maya.

“Pemerintah Amerika Serikat telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa pelaku cyber yang berafiliasi dengan MSS (Kementerian Keamanan Negara China) mengeksploitasi kerentanan di Microsoft Exchange Server dalam operasi spionase cyber besar-besaran yang tanpa pandang bulu membahayakan ribuan komputer dan jaringan, sebagian besar milik korban sektor swasta,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga : Presiden Jokowi Panggil Kepala BSSN, Mahfud MD Akui ‘Kehebatan’ Hacker Bjorka

“Negara-negara yang bertanggung jawab tidak tanpa pandang bulu membahayakan keamanan jaringan global atau secara sadar menyembunyikan penjahat dunia maya — apalagi mensponsori atau berkolaborasi dengan mereka.” lanjutnya.

“Peretas kontrak ini merugikan pemerintah dan bisnis miliaran dolar dalam kekayaan intelektual yang dicuri, pembayaran tebusan, dan upaya mitigasi keamanan siber, sementara MSS menggaji mereka,” jelasnya.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan kelompok-kelompok yang didukung negara China bertanggung jawab atas pola peretasan yang meluas.

Baca Juga : Denny Siregar Tantang Bjorka Bongkar Kasus Rizieq, Anies Ikut Disebut

“Serangan siber di Microsoft Exchange Server oleh kelompok-kelompok yang didukung negara China adalah pola perilaku yang sembrono tapi biasa,” kata Raab dalam sebuah pernyataan.

“Pemerintah China harus mengakhiri sabotase siber sistematis ini dan dapat dimintai pertanggungjawaban jika tidak.”

Uni Eropa juga menyalahkan China atas peretasan yang menargetkan lembaga pemerintah dan organisasi politik di UE dan 27 negara anggotanya, serta industri utama Eropa.

Baca Juga : Hacker Bjorka Sebut Ketua Umum Partai Berkarya Adalah Pembunuh Munir

Dalam sebuah pernyataan, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan peretasan itu dilakukan dari wilayah China untuk tujuan pencurian kekayaan intelektual dan spionase.

Komentar
Berita Terbaru