Selasa, 25 Oktober 2022 15:06

683 ASN Pemkab Maros Ikut Uji Pemetaan Kompetensi

683 ASN Pemkab Maros Ikut Uji Pemetaan Kompetensi

ABATANEWS, MAROS — Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Maros mengikuti uji pemetaan kompetensi di Lab Komputer Kantor Bupati Maros. Uji kompetensi ini rencananya akan belangsung selama tiga hari, Selasa hingga Kamis (25-27/10/2022).

Kepala Bidang PDSK Kanreg IV BKN, Abdul Rajab, mengatakan ada 683 ASN dengan jabatan pelaksana kelas jabatan tujuh yang akan mengikuti uji kompetensi. Ia menambahkan, uji kompetensi ini menggunakan sistem merit.

Menurutnya ini adalah langkah tepat yang diambil oleh pemerintah Kabupaten Maros. Sebab, penilaian kompetensi dan kinerja ASN akan menjadi lebih murni.

Baca Juga : Baznas Maros Launching Program ZChicken, Chaidir Syam: Bisa Bantu UMKM

“Sebab sistem tersebut mendasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja, yang diberlakukan secara adil,” bebernya.

Uji komptensi ini kata dia menggunakan metode kimputerisasi untuk mengukur aspek kognitif, efektif dan minat atau kecenderungan prilaku.

“Sehingga hasil uji ini dipotret dan dijadikan acuan dalam pemetaan jabatan nantinya. Peserta tidak perlu tegang, rileks saja, cukup mengerjakan dengan fokus dan mandiri. Kalau tidak mandiri nanti potret kompetensinya tidak akan sesuai dengan bakatnya,” tuturnya.

Baca Juga : Pemkab Maros Luncurkan Program Genius, Tiga Sekolah Dapat Pangan Bergizi

Sementara itu Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, uji kompetensi ini merupakan pemenuhan sistem Merit untuk memastikan jabatan di pemerintahan diduduki oleh ASN yang profesional.

“Isi tesnya tidak akan jauh berbeda dengan simulasi dan apa yang dihadapi sehari-hari. Jadi, cukup kerjakan tanpa melihat jawaban dari yang lain,” imbuhnya.

Alumni Ilmu Pemerintahan Unhas itu mengatakan penempatan ASN akan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Puji Pembibitan Ternak Unggulan Pucak Maros, Siap Penuhi Kebutuhan Nasional

“Ini akan membantu posisi yang sesuai dengan talenta dan bakat para ASN kita,” ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Maros itu juga mengingatkan pihaknya telah menertbitkan Maros Nomor 94 tentang manajemen talenta dilingkup Pemerintah Kabupaten Maros.

“ASN dapat menjalankan karirnya sesuai harapan yakni meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, semangat bangga melayani bangsa. ASN juga punya value Berakhlak dengan akronim Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” tutupnya.

Komentar