Selasa, 29 Juni 2021 09:46

Warga Korea Utara Sedih, Kim Jong-un Tampak Kurus

Kim Jong-un
Kim Jong-un

ABATANEWS – Semua orang di Korea Utara sedih atas penurunan berat badan pemimpinnya Kim Jong Un, kata seorang warga Pyongyang yang tidak disebutkan namanya yang dikutip dari media pemerintah yang dikontrol ketat negara itu.

Komentar publik yang jarang tentang kesehatan Kim muncul setelah analis asing mencatat pada awal Juni bahwa pemimpin otokratis, berusia 37 tahun, tampaknya telah kehilangan banyak berat badan.

“Melihat sekretaris jenderal yang dihormati (Kim Jong Un) tampak kurus sangat menghancurkan hati rakyat kita,” kata pria itu dalam sebuah wawancara yang disiarkan oleh lembaga penyiaran negara.

Baca Juga : Korea Utara Nyatakan Siapa Perang dengan Siapapun

“Semua orang mengatakan bahwa air mata mereka menggenang,” katanya dilansir Reuters.

Dalam klip tersebut, yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters, warga Pyongyang terlihat menonton layar lebar di jalan yang menunjukkan konser yang dihadiri oleh Kim dan pejabat partai setelah rapat pleno Partai Pekerja Korea (WPK) mereka.

Siaran itu tidak memberikan rincian apa pun tentang apa yang menyebabkan penurunan berat badan.

Baca Juga : Untuk Pertama Kalinya, Kim Jong-un Tampilkan Putrinya di Muka Umum

Ketika Kim muncul kembali di media pemerintah pada bulan Juni setelah tidak terlihat di depan umum selama hampir sebulan, analis di NK News, sebuah situs web berbasis di Seoul yang memantau Korea Utara, mencatat bahwa arlojinya tampaknya diikat lebih erat daripada sebelumnya.

Mengingat kuatnya posisi Kim pada kekuasaan di Korea Utara – dan ketidakpastian atas rencana apa pun untuk penggantinya – media internasional, agen mata-mata, dan spesialis mengawasi kesehatannya dengan cermat.

Spekulasi awal tahun lalu tentang kesehatan Kim meledak setelah ia melewatkan perayaan ulang tahun kelahiran pendiri negara Kim Il Sung pada 15 April, dan muncul kembali di depan umum pada awal Mei.

Komentar
Berita Terbaru