Senin, 11 September 2023 12:15

Viral Video Balita Diajak Mendaki Gunung Kerinci, Begini Tanggapan Ayahnya

Momen balita 2 tahun naik Gunung Kerinci bersama ayahnya. (Instagram @fakta.indo)
Momen balita 2 tahun naik Gunung Kerinci bersama ayahnya. (Instagram @fakta.indo)

ABATANEWS.COM – Video seorang pendaki viral di media sosial karena membawa balita saat mendaki Gunung Kerinci. Video tersebut ramai dibagikan ulang di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo, yang menuai pro dan kontra dari netizen.

Balita tersebut diketahui diajak oleh orang tuanya ikut mendaki Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian sekitar 3.805 mdpl.

“Seorang balita diajak orang tuanya ikut mendaki Gunung Kerinci. Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3.805 meter (12.484 kaki) di atas permukaan laut, menjadikannya gunung berapi tertinggi di Indonesia. Menuju Puncak Kerinci sangat menantang, yaitu jurang yang dalam dan cuaca yang ekstrim,” tulis akun Instagram @fakta.indo.

Baca Juga : Viral Wanita Marah-marah Gegara Beli Susu 1 Liter Tidak Dingin

Dalam video yang dibagikan, tampak seorang balita yang memakai jaket tebal berwarna pink, celana abu-abu, sarung tangan dan sepatu pink berdiri di jalur tanjakan Gunung Kerinci. Dia juga terlihat membawa tongkat hiking.

Balita tersebut berusaha berjalan di jalur tanjakan, di mana di bagian bawahnya adalah jurang. Di belakangnya, seorang pria diduga ayahnya tampak memeganginya. Kemudian, seorang pendaki lain terdengar menyapa mereka dan menyebut balita itu masih berusia 2 tahun.

“Ayo, om semangat. Anak 2 tahun naik Gunung Kerinci,” ujar perekam video sambil memperlihatkan jalur tanjakan yang terjal.

Baca Juga : Viral Pria Jualan Bakso di Puncak Gunung Lorokan, Harga Tuai Sorotan

Sementara pria yang diduga ayah dari balita tersebut terlihat berusaha membujuk sang anak agar mau digendong olehnya.

“Ayo gendong aja, ya,” kata ayah balita tersebut sambil mengangkatnya.

Alhasil, unggahan tersebut menuai beragam komentar dari netizen. Namun, banyak netizen yang menilai orang tua balita tersebut egois karena melibatkan anak ke dalam hobinya. Netizen yang emosi menumpahkan kekesalan mereka di kolom komentar.

Baca Juga : Viral Pantai Pasir Putih Lampung Penuh Tumpukan Sampah, Pengunjung Tetap Asyik Berenang

“Sehobi hobinya gw, gak akan maksa anak buat ikutin hobi gw, mikir keselamatan Dan kesehatan anak bos. Jangan cuma kepuasan rasa bangga Lo sendiri,” tulis akun @dau***.

“Serem hypothermia kalo gw sih.. Gunung kerinci pula yg terkenal ekstrim,” tulis akun @jat***.

“Gunung Kerinci bukan hanya tertinggi di Asia tapi juga di Asia Tenggara,” tulis akun @mil***.

Baca Juga : Viral Siswa Punya Nama Unik dan Rumit Dibaca, Guru Bingung Mau Panggil Apa

“Gak salah sebenarnya niat membahagiakan anak dan memberikan moment, tapi salah tempat hehe,” tulis akun @dhi***.

“Menurut sudut pandang gue, dia memang salah. Tapi setiap keluarga punya rules dengan targetnya masing-masing. Cukup respect dan doakan saja semoga tidak terjadi sesuatu yg buruk dengan anaknya,” tulis akun @rez***.

Dalam kolom komentar unggahan video Instagram @fakta.indo, ayah dari balita tersebut yang diketahui bernama Rudy melalui akun @rudyksty memberikan penjelasan terkait dirinya yang membawa sang putri mendaki gunung Kerinci.

Baca Juga : Viral Penonton Konser Ngamuk Bakar Panggung hingga Rusak Barang Vendor

Rudy mengatakan 95% orang yang mendaki gunung bersamanya mendukung dirinya membawa balita naik gunung. Namun, netizen di media sosial justru banyak yang menghujatnya.

“Haloo semua.. saya bapaknya Baby Anna. Kalo ketemu digunung 95% pasti mendukung. Kalo ketemu disosmed 95% menghujat. Tidak apa2, bebas. Yg jelas kami tidak memaksakan sampai dipuncak, safety bagi kami tetap utama. Dan kembali sampai dirumah dgn selamat ada prioritas utama,” kata Rudy dalam kolom komentar unggahan video @fakta.indo.

Rudy mengaku anaknya sudah mulai diajak mendaki gunung sejak usia masih 4 bulan. Hal itu masih terus dilakukan setiap bulan hingga saat ini.

Baca Juga : Beri Makan Sampah Plastik ke Kuda Nil, Pengunjung Taman Safari Ini Dikecam Netizen

“Sekedar info baby Anna saya ajak mendaki dgn istri dari umur 4 bulan dan setiap bulan mendaki sampai sekarang. Kalo tidak salah sudah naik 17 gunung dan 5 bukit trmasuk Gunung Agung dan Rinjani waktu baby Anna umur 6 bulan,” lanjut Rudy.

Meski dihujat banyak netizen, Rudy tidak masalah. Dia mengaku tetap berikhtiar untuk keselamatan dirinya dan keluarga, sisanya Allah yang mengatur.

“Sepertinya saya sudah gila semenjak mengiyakan istri hamil 6 bulan baby Anna ngidamnya naik Gunung Lawu. Keselamatan dan keamanan datangnya dari Allah, kami tetap ikhtiar untuk selalu safety,” pungkas Rudy.

Penulis : Wahyuddin
Komentar