Kamis, 06 Juni 2024 20:05

Viral Puluhan Ikan Arwana Mati di Palembang Imbas Listrik Padam, Rugi Ratusan Juta

Ikan arwana mati gegara listrik padam. (Foto: Instagram @terangmedia)
Ikan arwana mati gegara listrik padam. (Foto: Instagram @terangmedia)

ABATANEWS.COM – Blackout atau pemadaman total listrik (mati lampu) di Sumatera yang terjadi pada Selasa (4/6/2024) menuai banyak keluhan dari para warga. Listrik di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera mati total dan baru menyala pada Rabu (5/6/2024).

Bahkan, pemadaman listrik di beberapa wilayah di Pulau Sumatera mencuri perhatian netizen hingga kata kunci seperti listrik, Sumatera dan PLN kemarin sempat menjadi trending topic di media sosial X (Twitter).

Pemadaman listrik telah menyebabkan kerugian besar bagi para pengusaha dan warga. Salah satu sektor yang mengalami dampak adalah bisnis ikan.

Baca Juga : Viral Pria Mualaf di Papua Bawa Seekor Babi ke Mesjid Sebagai Hewan Kurban

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan puluhan ikan arwana yang merupakan ikan hias mahal mati karena listrik padam secara total selama hampir dua hari.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @terangmedia, seorang warga Palembang mengeluhkan puluhan ikan arwana yang dibudidayakannya mati imbas listrik padam hingga harus menelan kerugian ratusan juta rupiah.

“Rugi ratusan juta akibat PLN mati di Palembang puluhan ikan arwana mati,” demikian bunyi keterangan dalam narasi video tersebut.

Baca Juga : Wanita di Pontianak Tewas Terjatuh dari Lantai 3 Usai Terpental Saat Treadmill

Sontak, video tersebut langsung menarik perhatian netizen. Tak sedikit netizen menyayangkan kejadian tersebut.

Sejumlah netizen menilai bahwa sang pemilik ikan seharusnya memiliki genset untuk mengantisipasi listrik padam apalagi ikan yang dibudidayakan cukup banyak.

“Kalo mati lampu 2 jam aja biasanya ada pemberitahuan dulu sebelumnya, lah ini 40 jam. Seharusnya punya genset minimal kalo punya usaha, kalo gak bisa nyewa genset kan suka ada tuh penyewaan genset,” tulis akun @and***.

Baca Juga : Viral Relokasi Kucing Pakai Karung Plastik yang Diikat, Ini Respon Pengelola GBK

“Pelihara arwana tapi gak punya genset. Koi aja punya genset. Kalo gini gak bisa juga salahkan PLN,” tulis akun @bay***.

“Tetangga saya pun usaha yang sama, jual arwana paling murah 10 juta. Dan dia punya genset buat antisipasi kayak gini,” tulis akun @mar***.

“Bukan salah PLN tapi kesiapan buat jaga-jaga semisal mati lampu yang kurang, padahal itu ikan dijual berapa biji udah kebeli genset loh,” tulis akun @lan***.

Baca Juga : Jamaah Haji Asal Bogor Keluhkan Kondisi Tenda di Mina, Sempit hingga Tidur di Lorong

“Tapi memang di negara maju kalo pln mati listrik, kita dapat konpensasi dan gratis-gratis gitu dan orang-orang di sana pasti protes dan pengelolanya minta maaf,” tulis akun @dmz***.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar