Selasa, 20 Juni 2023 18:10

Viral Motor Terbakar di SPBU Gegara Pemotor Goyangkan Tangki Saat Isi Bensin

Motor di SPBU Tlogomas, Malang terbakar akibat pemotor menggoyangkan tangki dan tidak mau turun saat isi bensin (Instagram @agoez_bandz4)
Motor di SPBU Tlogomas, Malang terbakar akibat pemotor menggoyangkan tangki dan tidak mau turun saat isi bensin (Instagram @agoez_bandz4)

ABATANEWS.COM – Beredar di media sosial detik-detik sepeda motor terbakar setelah mengisi BBM (Bahan Bakar Minyak) di SPBU Tlogomas, Malang, Minggu (18/6/2023) sekitar pukul 19.00 WIB. Video detik-detik terbakarnya motor tersebut viral di media sosial.

Salah satunya diunggah akun Instagram @agoez_bandz4. Dalam video tersebut, terlihat seorang pengendara motor Yamaha Vixion sedang mengisi bensin di SPBU. Saat mengisi bensi, pemotor tersebut tidak turun dari motornya.

“Detik-detik kebakaran di SPBU Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Mesin nyala dan digoyang-goyang yang menyebabkan friksi antara ujung selang dengan tanki lalu memercikkan bunga api,” tulis akun Instagram @agoez_bandz4 dalam keterangan unggahannya.

Baca Juga : Viral Pria Jualan Bakso di Puncak Gunung Lorokan, Harga Tuai Sorotan

Selain itu, pemotor tersebut tampak terus-menerus menggoyang-goyangkan tangki bensin motornya saat lampu motor masih dalam keadaan hidup dan lampu sein kanan juga menyala. Setelah mengisi bensin, pemotor tersebut masih menggoyang-goyangkan motornya.

Saat hendak menyalakan motor dan maju, percikan api muncul dari tangki bensin. Pemotor tersebut kaget dan berusaha menghindar dengan loncat dan membanting motornya. Seketika, api semakin membesar hingga seluruh bodi motor terbakar.

Beruntung, petugas SPBU berhasil memadamkan api yang membakar motor tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, kebakaran tersebut terjadi diduga karena pemotor tersebut menggoyang-goyangkan tangki bensin saat petugas SPBU Tlogomas sedang mengisi bensin.

Baca Juga : Viral Pantai Pasir Putih Lampung Penuh Tumpukan Sampah, Pengunjung Tetap Asyik Berenang

Salah satu unggahan Instagram @pertamaxseries.id telah mengimbau masyarakat agar tidak menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin di SPBU karena hal itu berbahaya.

“Siapa yang masih suka goyangin kendaraan saat isi BBM? Kalau kamu salah satunya, stop ya! Karena, menggoyangkan kendaraan saat isi BBM itu berbahaya,” tulis akun Instagram @pertamaxseries.id dalam keterangan unggahannya.

Menggoyangkan kendaraan dengan anggapan untuk memperlancar aliran bahan bakar ke tangki kendaraan ternyata hanyalah mitos dan justru bisa menyebabkan kebakaran.

Baca Juga : Viral Siswa Punya Nama Unik dan Rumit Dibaca, Guru Bingung Mau Panggil Apa

“Sesungguhnya aktivitas menggoyangkan kendaraan agar memperlancar aliran bahan bakar ke tangki kendaraan itu hanya mitos dan bahkan bisa menimbulkan kebakaran,” lanjut Pertamina.

Kendaraan yang digoyangkan saat mengisi bensin, ujung nozzle besi yang bertemu ujung tangki bisa memicu gesekan listrik statis.

“Pasalnya, ujung nozzle besi yang bertemu ujung tangki bisa memicu gesekan listrik statis yang menimbulkan percikan api. Whoaaa bahaya banget kan?! Jadi, stop untuk menggoyangkan kendaraan saat isi BBM ya! Karena, bisa menimbulkan kehebohan yang tidak menyenangkan dan bisa merugikan banyak orang,” pungkas Pertamina.

Baca Juga : Viral Penonton Konser Ngamuk Bakar Panggung hingga Rusak Barang Vendor

Sontak, video tersebut langsung mengundang reaksi netizen. Banyak netizen menyalahkan pemotor tersebut karena tidak mau turun saat isi bensin dan terus-menerus mengoyangkan tangki bensin yang sebenarnya tidak ada pengaruh.

“Dikira ngisi rengginang di toples kali digoyang2 biar nambah ruang,” tulis akun @sid***.

“Makanya kalo ngisi bensin itu wajib turun, males banget cuma turun aja, giliran kebakaran gini lari gitu aja, nyusahin orang,” tulis akun @uma***.

Baca Juga : Beri Makan Sampah Plastik ke Kuda Nil, Pengunjung Taman Safari Ini Dikecam Netizen

“Lagi apa gunanya sih digoyang2in. Heran, kebiasaan bodoh gini masih aja banyak yg lakuin. Mana ngisi ga turun motor,” tulis akun @tri***.

“Sifat zat cair selalu mengisi ruang yg kosong. Ini kok malah digoyang2. Si bapak kurang edukasi nih. Jadi pelajaran buat kita semua,” tulis akun @deo***.

“Ngapain digoyang2 pak. Itu BBM benda cair bukan benda padat,” tulis akun @ald***.

Penulis : Nidi
Komentar