Selasa, 12 September 2023 20:10

Viral Lagu Malaysia “Hello Kuala Lumpur” Mirip “Halo-Halo Bandung”, Netizen: Ini Jelas Jiplak

Tangkapan layar video lagu Hello Kuala Lumpur. (YouTube/Lagu Kanak TV)
Tangkapan layar video lagu Hello Kuala Lumpur. (YouTube/Lagu Kanak TV)

ABATANEWS.COM – Media sosial tengah dihebohkan dengan adanya sebuah lagu anak-anak dari Malaysia berjudul Hello Kuala Lumpur. Pasalnya, lagu tersebut dianggap mirip dengan salah satu lagu nasional Indonesia berjudul Halo-halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki, tokoh yang menciptakan berbagai lagu nasional Indonesia.

Hello Kuala Lumpur awalnya diunggah oleh kanal Lagu Kanak TV berjudul “Lagu Kanak Kanak Melayu Malaysia | HELO KUALA LUMPUR | Lagu Kanak Patriotik” pada 30 Juni 2018. Selain unggahan 5 tahun lalu, akun tersebut juga mengunggah video yang sama dengan judul “Nasyid Kanak-Kanak Islam Malaysia | Helo Kuala Lumpur | Lagu Patriotik Malaysia” pada 27 Mei 2020.

Namun, kolom komentar dalam kedua video tersebut sudah dinonaktifkan, entah sejak kapan. Video tersebut diawali dengan berkibarnya bendera negara Malaysia. Kemudian, muncul tiga anak kecil bergembira sembari menyanyikan lagu Hello Kuala Lumpur di sebuah taman dengan latar belakang perkotaan, tiang bendera Malaysia hingga Petronas Twin Towers.

Baca Juga : Beri Makan Sampah Plastik ke Kuda Nil, Pengunjung Taman Safari Ini Dikecam Netizen

Lagu Hello Kuala Lumpur memiliki kemiripan nada irama dan lirik dengan Halo-Halo Bandung. Lagu tersebut hanya mengubah beberapa kata dari lirik lagu Halo-Halo Bandung.

Berikut ini lirik lagu Helo Kuala Lumpur:

Hello Kuala Lumpur

Baca Juga : Viral Mata Bocah 7 Tahun Digigit Anjing Terangga, Begini Kondisinya

Ibu kota keriangan

Hello Kuala Lumpur

Kota Kenang-kenangan

Baca Juga : Viral Pria Mualaf di Papua Bawa Seekor Babi ke Mesjid Sebagai Hewan Kurban

Sudah lama aku

Tidak berjumpa denganmu

Sekarang sudah semakin maju

Baca Juga : Wanita di Pontianak Tewas Terjatuh dari Lantai 3 Usai Terpental Saat Treadmill

Aku suka sekali

Alhasil, lagu tersebut menjadi perbincangan hangat netizen Indonesia setelah ramai diunggah ulang di berbagai media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @mood.jakarta yang menuai reaksi geram dari netizen.

“Bukan mirip lagi, diganti lirik doang,” tulis akun @are***.

Baca Juga : Viral Relokasi Kucing Pakai Karung Plastik yang Diikat, Ini Respon Pengelola GBK

“Konsepnya ATM (Amati, Tiru, Males ah bikin baru, samain aja lah nadanya, liriknya ubah dikit, beres),” tulis akun @adi***.

“Sudah ada sejak 5 tahun lalu dan diberi label Lagu Kanak Patriotik. Ini jelas jiplak. Kalau mau berkunjung bisa ke kanal Youtube Kids,” tulis akun @ism***.

“Jangankan halo2 bandung.. lagu kebangsaan mereka aja jiplak dari lagu Indonesia yg judulnya Terang Bulan jadi Negaraku,” tulis akun @fat***.

Baca Juga : Jamaah Haji Asal Bogor Keluhkan Kondisi Tenda di Mina, Sempit hingga Tidur di Lorong

“Minimal kreatif! Katanya udah maju wkwkwk,” tulis akun @meg***.

“Apa sih yg gak di ambil sama negara itu.. lagu, batik, bahasa indonesia yg mau dilabeli Melayu Indonesia… Malaysia lama2 emang ngelunjak,” tulis akun @azi***.

Penulis : Nidi
Komentar