Rabu, 07 Juni 2023 15:03

Viral Haji Backpacker Asal Indonesia, Tinggal di Tenda Terpal Tanpa Fasilitas

Penampakan suasana di dalam tenda haji backpacker (Foto: @viralsekali)
Penampakan suasana di dalam tenda haji backpacker (Foto: @viralsekali)

ABATANEWS.COM – Melaksanakan rukun Islam yang ke-5 yakni ibadah haji menjadi keinginan umat Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, tantangan yang dihadapi juga cukup besar, mulai dari biaya yang mahal hingga antrean haji yang harus menunggu bertahun-tahun. Tak heran jika kebanyakan yang berangkat naik haji sudah berusia lanjut.

Keberangkatan ibadah haji umumnya dilakukan dengan menggunakan jasa tour and travel khususnya di Indonesia. Jasa tour and travel banyak diminati oleh para calon jamaah haji karena menyediakan fasilitas lengkap seperti penginapan di hotel, bis, makan, bimbingan selama menjalankan ibadah haji dan lain sebagainya.

Namun, sebuah video yang memperlihatkan seorang jamaah haji tidak menggunakan jasa tour and travel, melainkan backpacker viral di media sosial. Video tersebut viral, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @viralsekali. Terlihat seorang pria asal Indonesia membagikan suasana saat berada di dalam tenda haji backpacker.

Baca Juga : Viral Foto Kocak Komeng di Surat Suara, Netizen Ngakak

Tidak ada fasilitas dalam tenda yang berukuran tidak terlalu besar itu. Tenda tersebut hanya terdiri dari terpal sebagai alas dan penutup atas untuk menghalau sinar matahari. Dengan mengenakan pakaian ihram, mereka beristirahat dengan beralaskan terpal. Bahkan, beberapa diantara mereka ada yang melepas kain ihram karena kepanasan.

Dalam keterangan akun tersebut dijelaskan bahwa haji backpacker hanya cocok untuk orang yang siap tanpa fasilitas

“Bisa murah karena tanpa fasilitas seperti di travel, intinya Haji sebenernya adalah gratis.. yg bikin bayar yaitu karena kita bayar fasilitas Hotel, Makan, Pelayanan, Mutowif, Bis, DIl.. Haji Backpacker hanya cocok oleh orang yg siap tanpa fasilitas dan siap mbolang mbonek berpetualang dlm rangka ibadah menunaikan rukun islam yang ke 5. Tanpa mengurangi nilai ibadah,” tulis akun tersebut.

Baca Juga : Viral, Chef Juna Cekcok dengan Sopir Truk Diduga Masalah Salip Menyalip

“Kebayang nggak bagaimana hajian di masa nabi Muhammad dahulu arofah masih gersang dan tandus. Untuk sekarang sudah banyak di tanami pohon2 yang hijau2.. Yuk Agendakan Musim depan Bagi yang minat. Semoga Allah Mudahkan rencana baik kita semua,” lanjut keterangan unggahan tersebut.

Sontak, video tersebut pun viral dan langsung mengundang beragam komentar dari netizen.

“Berangkat sendiri, bawa tenda camping sendiri, kelihatannya akan sangat menyenangkan dan tanpa harus nunggu 40 tahun utk mendapat jadwal keberangkatan,” tulis akun @mag***.

Baca Juga : Ternyata, Pemuda Viral di Tol Bali Gunakan Mobil Rental

“Yaelah gini doang mah dah biasa… Yg penting pergi hajinya itu… Daripada daftar haji yg di pemerintah nanti berangkatnya 20 tahun ke depan,” tulis akun @lee***.

“Backpacker cocoknya utk yg usia di bawah 50 an,” tulis akun @gun***.

“Masalahnya gimana cara dapat visa hajinya? Karena setahu saya di musim haji pengamanan diperketat. Harus punya visa Haji,” tulis akun @bun***.

Baca Juga : Viral Dua Pemuda Nekat Naik Mobil dengan Posisi Berbahaya, Netizen: Norak

“Waduh dapat tasreh/ijin ga tuh… soalnya ketat bgt apalagi puncaknya haji harus ada tasreh ga bisa masuk sembarangan… Semoga Allah kasih kemudahan & kelancaran kalo niat hajian & ibadah mah tapi tetep aja hati2 ya jaga kesehatan,” tulis akun @umm***.

“Setahu saya wajib pake tasreh karena memasuki kota Makkah ada penjagaan super ketat, bagi yg punya tasreh bisa lewat kalo ga punya tasreh akan di tangkap oleh aparat keamanan dan di deportasi oleh pemerintah Arab Saudi,” tulis akun @pec***.

Penulis : Nidi
Komentar