Kamis, 29 Agustus 2024 08:04

Viral Driver Ojol Hina Pegawai Disabilitas, Netizen Geram

Viral Driver Ojol Hina Pegawai Disabilitas, Netizen Geram

ABATANEWS, JAKARTA – Beredar sebuah video yang memperlihatkan oknum driver ojek online (ojol) menghina pegawai wanita penyandang disabilitas tunarungu. Video rekaman CCTV tersebut viral di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun X @Heraloebss.

Dalam rekaman CCTV tersebut, terlihat seorang driver ojol datang untuk mengambil dua paket di sebuah toko. Kemudian, dia bertemu dengan pegawai wanita di tempat pengambilan barang dan menanyakan paket yang akan dikirimnya.

“Mbak paket saya dua atas nama Dea,” kata driver ojol.

Baca Juga : Viral Pria Asal NTT Nekat Temui Kekasihnya di Jember, Ditolak Saat Melamar

Setelah itu, pegawai wanita tersebut mengambil paket atas nama Dea dan menyerahkan paket itu kepada driver ojol. Driver tersebut pun sempat memastikan kembali paket atas nama Dea itu kepada pegawai wanita tersebut.

“Ini atas nama Dea kan mbak?,” tanya driver ojol.

“Iya Dea. Ini,” jawab pegawai wanita tersebut.

Baca Juga : Viral Pria Cekoki Miras ke Balita Sambil Tertawa, Netizen Geram

Setelah memfoto paket yang dipegangnya, driver ojol pun menanyakan satu paket lagi yang belum diterimanya atas nama Revita.

“Ada paket lagi mbak atas nama Revita,” ujar driver ojol lagi.

Namun, pegawai wanita tersebut merasa sudah memberikan paket yang diminta oleh driver ojol tersebut. Driver ojol tampak mulai kesal dan menaikkan nada bicaranya saat kembali menanyakan paket atas nama Revita.

Baca Juga : Viral Sopir Truk Diminta Bayar Parkir Rp200 Ribu Saat Antre Isi Solar

Pegawai wanita tersebut masih tampak kebingungan dan akhirnya memanggil rekannya untuk membantu menyelesaikan pesanan driver ojol tersebut. Kemudian, muncul seorang pria berkaus cokelat menghampiri mereka.

“Kenapa?,” tanya seorang pegawai pria.

“Dari tadi saya ngomong enggak diladeni,” kata driver ojol.

Baca Juga : Viral Pria Palak Outlet Ayam Cepat Saji, Ngamuk Tak Diberi 2 Potong Ayam

Kemudian, driver ojol tersebut menjelaskan kalau dirinya mendapat dua pesanan sameday di toko tersebut atas nama Dea dan Revita tapi pegawai wanita tersebut hanya memberikan paket atas nama Dea.

Memahami kondisi itu, rekan pegawai wanita tersebut langsung memberikan paket atas nama Revita. Dia menyampaikan permintaan maafnya dan menjelaskan kalau temannya merupakan disabilitas tunarungu.

“Maaf ya bang, soalnya teman saya disabilitas tuli, jadi kurang dengar,” kata rekan pegawai wanita tersebut.

Baca Juga : Viral Video Penganiayaan Anak Kecil di Bulukumba, Motifnya Diduga Ingin Beri Pelajaran

Namun bukannya bersikap empati, driver ojol itu malah mengeluarkan kata-kata kasar dan merendahkan pegawai wanita tersebut secara langsung.

“Tol*l beg* banget sih bang. Kalau tuli enggak usah dikasih (kerjaan) mendingan bang,” maki driver ojol tersebut sebelum pergi membawa paketnya.

Sontak, unggahan rekaman CCTV tersebut langsung viral di media sosial dan mengundang reaksi dari netizen. Banyak netizen geram dan mengecam perkataan yang diucapkan oleh driver ojol tersebut.

Baca Juga : Viral Siswa Kompak Patungan Beli Sepeda Untuk Bantu Teman Sekelas, Alasannya Bikin Haru

“Mahasiswa saya ada yang disabilitas tuli, dan well spoken dan attitudenya baik. Gak sepatutnya diperlakukan seperti itu. Sama-sama manusia dan lagi nyari makan juga,” tulis akun @mil***.

“Padahal itu driver punya opsi buat nunjukin bukti di hp dia soal pemesanannya. Tinggal di sodorin layarnya di kasih liat ke mbak nya daripada ngatain tolol bego padahal dia yg tolol sama bego. Tapi kenapa sih kadang driver gojek kek gini yg orderan paket gini suka sewotan,” tulis akun @mat***.

“Di meja itu mungkin bisa disiapin sticky notes buat customer biar komunikasinya ga tersendat. Trus sama mbak nya pake nametag untuk sign kalo disabilitas. Jadi sama-sama bisa ngerti. Untuk abang ojol asli sih ga ada nuraninya banget, biasanya orang pas tau disabilitas justru kalem loh,” tulis akun @tey***.

Baca Juga : Viral, Pria Ngamuk di Jalan Raya Berujung Dilumpuhkan Polisi Hingga TNI

“Pantes hidupnya susah terus, hobinya menghina orang. Bisa dibicarakan baik-baik ya, bukan ngatain orang dengan keterbatasan pendengaran ‘tunarungu’ dengan sebutan yang gak pantas,” tulis akun @bea***.

“Sebaiknya owner juga ngasih tulisan atau tanda kalo mbanya disabilitas, karena sekilas mbaknya kelihatan normal. emang ojolnya capek, tapi attitudenya harus lebih dijaga lagi,” tulis akun @moo***.

Penulis : Wahyuddin
Komentar