Minggu, 30 Mei 2021 08:01

Vietnam Temukan Virus Corona Kombinasi Varian India dan Inggris

Ilustrasi covid-19
Ilustrasi covid-19

ABATANEWS – Kementerian Kesehatan Vietnam telah mendeteksi varian virus corona baru yang merupakan kombinasi dari varian COVID-19 India dan Inggris yang menyebar dengan cepat melalui udara.

Setelah berhasil menekan penyebaran virus tahun lalu, Vietnam disibukkan dengan peningkatan infeksi sejak akhir April yang menyumbang lebih dari setengah dari total 6.856 kasus. Sejauh ini, telah terjadi 47 kematian.

“Vietnam telah menemukan varian COVID-19 baru yang menggabungkan karakteristik dari dua varian yang ada yang pertama kali ditemukan di India dan Inggris,” kata Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long, dilansir Reuters.

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

Negara Asia Tenggara tersebut sebelumnya telah mendeteksi tujuh varian virus: B.1.222, B.1.619, D614G, B.1.1.7 – dikenal sebagai varian Inggris dan juga B.1.351, A.23.1 dan B.1.617.2 sebagai varian India

Long mengatakan Vietnam akan segera mempublikasikan data genom dari varian yang baru diidentifikasi, yang menurutnya lebih mudah ditularkan daripada jenis yang diketahui sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi empat varian SARS-CoV-2 yang menjadi perhatian global. Ini termasuk varian yang muncul pertama kali di India, Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

Pejabat di WHO tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait varian yang diidentifikasi di Vietnam.

Budaya laboratorium yang lama mengatakan dari varian baru menunjukkan virus menggandakan dirinya dengan sangat cepat, mungkin menjelaskan mengapa begitu banyak kasus baru muncul di berbagai bagian negara dalam waktu singkat.

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa pemerintah sedang berupaya untuk mendapatkan 10 juta dosis vaksin di bawah skema pembagian biaya COVAX, serta 20 juta dosis vaksin Pfizer dan 40 juta Sputnik V. Rusia.

Baca Juga : Aturan Baru Soal Covid-19: Tak Ada Lagi Kewajiban Kenakan Masker

Negara berpenduduk sekitar 98 juta orang itu sejauh ini telah menerima 2,9 juta dosis vaksin dan menargetkan mendapat 150 juta dosis tahun ini.

Komentar
Berita Terbaru