Jumat, 06 Mei 2022 20:15

Urai Kemacetan saat Arus Balik Lebaran, Libur Sekolah Ditambah 3 Hari

Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Tol Palimanan. (foto:Jasamarga)
Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Tol Palimanan. (foto:Jasamarga)

ABATANEWS – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan tambahan hari libur selama tiga hari. Tambahan libur tersebut bagi para siswa yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi atau (Jabodetabek).

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek Anang Ristanto mengatakan. Pihaknya sengaja menambahkan libur pada periode 9 sampai 11 Mei untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022.

“Kemendikbudristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022) dilansir Jumat (6/5/2022).

Baca Juga : KBRI Tokyo Kenalkan Konsep Kampus Merdeka di Jepang

Dengan adanya tambahan libur tersebut, Kemendikbudristek kemudian menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Agar memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022.

Lebih lanjut, Anang menambahkan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan di wilayah tersebut. Agar kebijakan penambahan libur dapat segera disampaikan kepada orang tua dan siswa terkait.

“Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar