Kamis, 21 Juli 2022 08:18

UMKM Lorong Wisata Dapatkan Literasi Akses Modal Lembaga Keuangan

Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan (TPAKD) Kota Makassar yang digelar Bagian Perekonomian Pemkot Makassar di Hotel SwissBel, Rabu (20/72022).
Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan (TPAKD) Kota Makassar yang digelar Bagian Perekonomian Pemkot Makassar di Hotel SwissBel, Rabu (20/72022).

ABATANEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sangat serius menyiapkan kebangkitan ekonomi warga melalui program lorong wisata.

Seluruh unit kerja dari berbagai instansi saat ini fokus mencurahkan sumber dayanya, mengambil peran demi tumbuh bangkitnya pendapatan keluarga di setiap penghuni lorong di Kota Makassar.

Salah satu yang terlihat yakni saat pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan (TPAKD) Kota Makassar yang digelar Bagian Perekonomian Pemkot Makassar di Hotel SwissBel, Rabu (20/7).

Baca Juga : Sambut Adipura, Pj Sekda Makassar dan Bapenda Kerja Bakti Bersama

Kegiatan ini bertema “Percepatan Akses Modal UMKM lorong wisata” dengan menghadirkan pembicara dari berbagai lembaga keuangan dan diikuti puluhan pelaku usaha kecil di lorong wisata.

Staf Ahli Walikota Makassar, Sittiara saat membuka kegiatan ini mengatakan bahwa fokus utama lorong wisata yakni meningkatkan “income” masyarakat lorong melalui berbagai stimulus.

Baik itu pembenahan infrastruktur lorong, penambahan fasilitas umum, termasuk pemberdayaan masyarakat lorong.

Baca Juga : Arwin Azis Apresiasi Kekompakan Masyarakat dan Pemkot Bersihkan Kanal

“Usaha kecil menengah penyumbang terbesar terciptanya tenaga kerja. Saat pandemi Covid berlangsung, begitu banyak masyarakat kita yang kehilangan pekerjaan, termasuk usaha kecil yang terpaksa gulung tikar,” ujar Sittiara yang berbicara mewakili Walikota Makassar.

“Untuk itu, melalui program Lorong Wisata, Pak Wali (Walikota Makassar, Danny Pomanto) menegaskan kebangkitan ekonomi Makassar dan memulainya dari lorong” ujarnya lagi. Makassar.

Sittiara berharap, dalam kegiatan ini, para pelaku usaha kecil yang ada di lorong mendapatkan pengetahuan yang cukup terkait mekanisme mengakses modal usaha yang disiapkan oleh pemerintah melalui lembaga keuangan.

Baca Juga : Pj Sekda Makassar Bersama Tim P3DN Pemkot Matangkan Persiapan Jelang Forum P3DN Nasional

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Makassar, Nur Kamarul Zaman menjelaskan bahwa pihaknya bersama stakeholder lainnya tengah fokus pada literasi dan inklusi keuangan bagi pelaku usaha kecil, khususnya yang ada di lorong.

“Pemerintah Pusat melalui lembaga keuangan telah menyiapkan berbagai stimulus bantuan permodalan, baik itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun pembiayaan Ultra Mikro (UMi),” ujar Nur.

Untuk itu, pada kesempatan ini, Tim Percepatan Akses keuangan Daerah (TPAKD) Kota Makassar menghadirkan pelaku usaha kecil yang ada di Kawasan lorong wisata.

Baca Juga : Firman Hamid Pagarra Tegaskan Pentingnya Penerapan KTR di Area Pelayanan Publik Makassar

“Jadi untuk mendapatkan literasi terkait produk bantuan modal dari berbagai lembaga keuangan yang ada” ujar Nur Kamarul.

Penulis : Azwar
Komentar