Rabu, 30 Agustus 2023 11:20

TP PKK Sulsel Gelar Khitan Massal untuk Anak Down Syndrome

TP PKK Sulsel Gelar Khitan Massal untuk Anak Down Syndrome

ABATANEWS, MAKASSAR — Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan menggelar khitanan massal untuk anak dengan down syndrome, Selasa (29/8/2023). Khitanan massal dilakukan di empat rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua Pokja IV PKK Sulawesi Selatan, Drg Aisyah Ahmad, mengatakan, khitan massal untuk anak down syndrome ini sudah dilaksanakan selama dua tahun. Untuk tahun ini, dilaksanakan di empat rumah sakit milik pemerintah provinsi. Yakni di RSUD Haji, RSKD Dadi, RSUD Sayang Rakyat, dan RSUD Labuang Baji.

“Kita memang concern ke anak-anak. Selain khitan ini, kita juga lakukan operasi bibir sumbing di 24 kabupaten kota dan sudah berlangsung tiga tahun,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Bantu Petani di Gowa, Serahkan 350 Ribu Bibit Kopi dan 250 Ribu Pohon Pala

“Untuk khitan down syndrome ini kali kedua, kita masih fokus di Kota Makassar dulu dan sekitarnya. Pasiennya itu yang domisili Makassar dan sekitarnya,” sambungnya.

Aisyah menuturkan, khitan massal anak down syndrome ini juga bekerjasama dengan Komunitas Orangtua Anak Down Syndrome (KOADS). KOADS menyiapkan data sasaran, kemudian PKK Sulsel melalui Pokja IV yang memfasilitasi ke rumah sakit untuk pelaksanaan khitannya.

“Anak dengan down syndrome ini tidak sama dengan anak-anak pada umumnya. Kalau anak pada umumnya hanya butuh anestesi lokal, tapi anak dengan down syndrome butuh anestesi umum,” ungkapnya.

Baca Juga : Hapus Diskriminasi, RAD Pengarusutamaan Gender Disusun Pemprov Sulsel

Anak dengan down syndrome, kata Aisyah, sebelum khitan harus diperiksa lab lengkap dan foto thoraks karena dibutuhkan untuk anestesi umum.

“Jadi, mereka khitan itu masuknya ke rumah sakit sehari sebelumnya, karena mereka harus diperiksa lab lengkap,” imbuhnya.

Dalam giat ini, empat anak yang mendaftar ditunda pelaksanaan khitannya karena menderita demam dan batuk.

Penulis : Azwar
Komentar