Senin, 26 Juni 2023 08:13

Tips Sehat Konsumsi Daging Kambing saat Hari Raya Idul Adha

Ilustrasi kambing
Ilustrasi kambing

ABATANEWS.COM – Hari raya Idul Adha menjadi momen penting untuk saling peduli dan menjunjung kebersamaan. Di hari itu pula dimaknai sebagai ungkapan simpati kepada sesama manusia terutama bagi yang tidak mampu.

Hal itu diwujudkan melalui pemotongan hewan kurban, yakni kambing, sapi atau kerbau untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat secara merata. Pada saat itu pula masyarakat berkesempatan mengonsumsi daging lebih banyak dari hari biasanya.

Untuk perayaan Idul Adha tahun 2023 ini, akan jatuh pada Kamis 29 Juni 2023 mendatang. Penetapan ini, sesuai arahan Kementerian Agama RI saat melakukan sidang isbat beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Viral Pria Mualaf di Papua Bawa Seekor Babi ke Mesjid Sebagai Hewan Kurban

Lantas, di momen Idul Adha yang akan berlangsung beberapa hari tentunya anda akan menemukan banyak makanan utamanya dari olahan daging. Agar tetap sehat, berikut ini tips sehat mengkonsumsi daging kambing saat Idul Adha.

– Makan dalam Porsi Kecil

Usahakan jangan mengkonsumsi makanan tersebut dalam porsi yang besar karena hal ini aka mengakibatkan perut anda menjadi nyeri karena esophageal sphincter akan terasa penuh sehingga akan membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

Baca Juga : PKK Takalar Qurban 2 Ekor Sapi

– Hindari Konsumsi Makanan Daging Sebelum Tidur

Mengkonsumsi makanan yang terbuat daging sebelum tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan anda karena bisa mengakibatkan makanan ini akan tedorong lagi ke esophageal sphincter. Selain itu kualitas tidur anda pun akan terganggu, usahakan tidak mengkonsumsi makanan ini 2-3 jam sebelum anda tidur.

– Diet Kaya Serat

Baca Juga : Potret Danny Pomanto Saat Berkurban dan Gelar Open House bagi Warga Makassar

Serat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan anda dan dapat mencegah terjadinya sembelit. Biasanya seseorang yang terlalu banyak makan daging akan menyebabkan susah BAB karena pencernaanya tidak lancar. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat seperti beras merah, gandum, buah, sayur dan kedelai.

– Perbanyak Minum Air Putih

Air putih ini juga berfungsi untuk mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan sehingga tidak terjadi sembelit dan melancarkn buang air besar. Selain itu masih banyak manfaat lainya jika tubuh cukup cairan.

Baca Juga : Hari Raya Idul Adha, PJ Sekda Silatuhrahmi Lewat Open House

– Pilih Minuman Hangat dan Sehat saat Konsumsi Daging Kambing

Misalnya minum air putih hangat atau air jeruk hangat dengan sedikit gula yang dapat membantu membersihkan tenggorokan. Hindari minuman manis seperti kopi, teh dan sirup.

– Kombinasikan Masakan Daging

Baca Juga : Antar Langsung Daging Kurban, Warga Tallo Doakan Andi Seto Asapa

Kambing dengan sayur agar seimbang usahakan membuat variasi menu makanan saat idul adha misalnya buatlah menu makanan yang seimbang seperti menyisipkan beberapa sayuran seperti tomat, bawang merah atau bawang bombai pada masakan yang berlemak karena hal ini dapat berfungsi untuk mengurangi lemak pada makanan tersebut.

– Pisahkah Bagian lemak dari Daging Kambing Sebelum memasaknya

Ketika hendak mengkonsumsi daging hewan qurban pisahkanlah bagian yang berlemak dari daging tersebut saat membersihkanya. Selain itu ketika mengkonsumsi daging usahakan mengurangi makanan manis seperti sirup dan kue.

Baca Juga : PDIP Sulsel Kurban 139 Ekor Sapi pada Idul Adha 1445 H: Semangat Berbagi dan Gotong Royong

– Daging Kmbing Dipanggang Lebih Menyehatkan Daripada Digoreng

Daging kambing yang di bakar lebih baik dari pada yang di goreng, karena lemak pada daging akan berkurang saat proses pembakaran terjadi, akan lebih baik jika menambahkan bumbu rempah-rempah sebelum dibakar.

– Kurangi Mengkonsumsi Makanan Pedas

Baca Juga : Tips Kembali Sehat Setelah Menikmati Makanan Berlemak di Momen Lebaran Idul Adha

Makanan pedas memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika di konsumsi secara berlebihan akan membuat perut anda menjadi mulas dan mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar