Selasa, 25 Juli 2023 14:12

Timsel Bawaslu di Sulsel Akan Umumkan Hasil Tes Wawancara dan Kesehatan Malam Ini

Timsel Bawaslu di Sulsel Akan Umumkan Hasil Tes Wawancara dan Kesehatan Malam Ini

ABATANEWS, MAKASSAR — Tim Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan akan mengumumkan hasil tes kesehatan dan wawancara hari ini (25/7/2023).

Sesuai dengan regulasi, timsel akan mengumumkan hasil seleksi 2 kali dari kebutuhan yang tersedia.

Seperti untuk Bawaslu Kota Makassar, Bone, Gowa, dan Wajo, akan diumumkan 10 nama. Sedangkan daerah lainnya, bakal diumumkan 6 nama.

Baca Juga : Jelang Pilkada, Bawaslu Sulsel Ingatkan Rumah Ibadah Bukan Tempat Kampanye

“Sebelum diumumkan, kami akan melakukan rapat pleno terkait masukan-masukan masyarakat terhadap calon. Meskipun sudah lewat, kami tetap pertimbangan laporan jika ada yang krusial,” kata Ketua Timsel Zona III Prof Arrijani, saat dikonfirmasi wartawan, pada Selasa (25/7/2023).

Prof Arrijani menuturkan, sebelumnya timsel telah melakukan rapat pleno sebanyak dua kali terkait rekam jejak para peserta.

Sehingga, jika masih ada laporan-laporan dari masyarakat dengan bukti terkait permasalahan yang kuat, baik berupa foto atau dokumen lainnya, maka timsel akan menindaklanjuti.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Gelar Sidang Administrasi Perdana Terkait Rekapitulasi Tingkat Provinsi

“Tetap dipertimbangkan karena kita berharap calon-calon ini bebas dari pelanggaran,” katanya.

Nantinya, seluruh calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang lolos, akan tetap menjalankan satu rangkaian tahapan lagi. Yakni fit and proper test yang akan ditangani langsung oleh Bawaslu RI.

“Yang lolos dua kali kebutuhan, teknis pelaksanaannya diatur oleh Bawaslu RI, bukan lagi anggota timsel,” tandasnya.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Siap ‘Tongkrongi’ Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Tingkat Provinsi

“Kemungkinan tengah malam nanti baru akan keluar pengumumannya. Karena kami harus sampaikan terlebih dahulu ke Bawaslu RI terkait hasil pengumuman ini, baru bisa diumumkan ke publik nama-nama yang dinyatakan lolos,” pungkasnya.

Penulis : Azwar
Komentar