Minggu, 07 Juli 2024 22:07

Terima Kunjungan Program ICP dari 32 Negara, Pj. Bupati Takalar Harap Budaya Takalar Dikenal Mancanegara

Terima Kunjungan Program ICP dari 32 Negara, Pj. Bupati Takalar Harap Budaya Takalar Dikenal Mancanegara

ABATANEWS, TAKALAR — Kabupaten Takalar mendapat kehormatan besar dengan menjadi tuan rumah pelaksanaan The 7th International Culture Program (ICP) 2024, yang berlangsung di Puntondo, Kecamatan Mangarabombang.

Penjabat (Pj.) Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev., Plg., didampingi Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Takalar, menerima kunjungan dari Kantor Urusan Internasional Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar di Rumah Jabatan Bupati, pada Minggu, 7 Juli 2024.

Kunjungan ini merupakan bagian dari pelaksanaan ICP ke-7 yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 10 Juli di Kota Makassar dan Kabupaten Takalar, dengan tema “Exploring South Sulawesi Maritime Culture”.

Baca Juga : Pj Bupati Takalar Dukung Pengawasan Tahapan Pilkada Damai 2024

Dalam sambutannya, Dr. Setiawan Aswad menjelaskan letak geografis Kabupaten Takalar yang terletak di bagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar 40 km dari Kota Makassar. Takalar juga merupakan bagian dari kawasan metropolitan Mamminasata, dengan garis pantai yang cukup panjang.

“Masyarakat Takalar memiliki berbagai mata pencaharian, mayoritas sebagai petani dan nelayan. Ekonomi kami mengutamakan sektor pertanian, budaya, perikanan, dan perkebunan. Di Takalar juga terdapat Proyek Strategis Nasional Bendungan Pamukkulu yang diresmikan oleh Presiden RI,” ujar Dr. Setiawan.

Ia juga menambahkan bahwa kawasan industri Laikang yang dekat dengan PPLH Puntondo awalnya didedikasikan untuk pertanian, namun kini dialihfungsikan menjadi area industri untuk meningkatkan perekonomian di Takalar.

Baca Juga : Pj Bupati Takalar Hadiri Paripurna Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi tentang Pertanggungjawaban APBD 2023

“Kami memiliki beberapa kerajaan seperti Kerajaan Laikang di Puntondo, Kerajaan Galesong, Kerajaan Polongbangkeng, dan Kerajaan Sanrobone. Ini bisa menjadi destinasi menarik bagi para peserta. Semoga dengan adanya ICP, budaya Kabupaten Takalar dapat dikenal lebih luas hingga mancanegara,” tutup Pj. Bupati.

Pada kesempatan yang sama, dosen dari Unhas Makassar, Andi Masyitha Irwan, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D., menjelaskan bahwa Kantor Urusan Internasional Unhas Makassar menyelenggarakan ICP 2024 dengan dua lokasi utama, yaitu Kampus Unhas dan PPLH Puntondo di Kabupaten Takalar. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta dari 32 negara.

“Para peserta akan diberikan pengetahuan mengenai kehidupan budaya masyarakat maritim dan melakukan kegiatan lapangan untuk mengamati langsung masyarakat di Takalar, mulai dari budidaya rumput laut hingga kehidupan masyarakat pesisir,” jelas Andi Masyitha.

Baca Juga : Setiawan Aswad dan Pemuda Pancasila Dorong Pembangunan Kabupaten Takalar

Ia menambahkan, para peserta datang ke Sulawesi Selatan untuk memahami lebih dalam tentang masyarakat dan budayanya.

“Dengan memahami budaya seseorang, kita dapat membawa perdamaian bagi dunia. Mengingat sebagian besar peserta adalah generasi muda, saya yakin mereka akan menciptakan dunia yang lebih baik untuk hidup berdampingan,” tutupnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar