Sabtu, 17 Februari 2024 20:06

Selama Sebulan, Polda Sulsel Catat Ratusan Ribu Pelanggar Terekam Kamera ETLE

Ilustrasi kamera pengawas (CCTV).
Ilustrasi kamera pengawas (CCTV).

ABATANEWS, MAKASSARPolda Sulsel mencatat ratusan ribu pelanggaran yang terekam kamera ETLE statis maupun ETLE mobile (Handheld) dalam waktu sebulan saja. Jumlah pelanggaran itu sudah termasuk untuk kendaraan roda dua dan empat.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Gani menjelaskan, penindakan pelanggaran selama Bulan Januari 2024, sebanyak 809.779 kendaraan yang terekam.

“Dari jumlah yang terekam tersebut, hanya 2.581 kendaraan yang tervalidasi yang selanjutnya diberikan surat konfirmasi ke alamat pelanggar,” terang Kasubdit Gakkum dalam keterangannya dihimpun Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga : Polda Sulsel Ringkus 3 Pemuda Terkait Judi Online, Dua Diantaranya Konten Kreator 

Ia menegaskan data jumlah kendaraan yang terekam ini, merupakan hasil pengoperasian dan penerapan ETLE di seluruh jajaran polres.

Yang menarik pada penerapan ETLE tersebut, presentase pelanggar yang terekam di dominasi pelanggaran tak menggunakan sabuk pengaman (Seat Belt) sebanyak 61 persen.

“Pengendara roda empat tak gunakan saat belt memang mendominasi hasil rekaman kamera ETLE. Disusul pelanggaran sepeda motor boncengan tiga 6 persen dan tak menggunakan helem sebanyak 31 persen,” tambah Kompol Gani.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar