Kamis, 07 Maret 2024 17:12

Rusia-China Buat Proyek Spektakuler: Pasang Pembangkit Nuklir di Bulan pada Tahun 2033

Rusia-China Buat Proyek Spektakuler: Pasang Pembangkit Nuklir di Bulan pada Tahun 2033

ABATANEWS, MOSKOW — Pemerintah Rusia sedang merencanakan proyek spektakuler. Mereka berencana ingin mengirim pembangkit nuklir di bulan.

Kepala Badan Antariksa Rusia Roscosmos, Yuri Borisov, proyek ‘gila’ ini dikerjakan sendiri. Melainkan akan berkolaborasi dengan China.

“Hari ini kami secara serius mempertimbangkan sebuah proyek – sekitar tahun 2033-2035 – untuk mengirimkan dan memasang unit daya di permukaan bulan bersama dengan rekan-rekan kami di China,” ujar Borisov seperti dikutip Reuters, pada Senin (5/3/2024) lalu.

Baca Juga : Vladimir Putin Kembali Pimpin Rusia untuk Periode Kelimanya, ‘Opsisi’ Mereka Hanya Barat

Menurut Yuri, kebutuhan listri di masa depan sangatlah besar. Panel surya yang banyak digunakan saat ini dianggap tidak cukup untuk memasok kebutuhan tersebut.

Makanya, lanjut Yuri, diperlukan tenaga nuklir yang dinilai bisa jadi solusi atas keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang.

“Kami memang sedang mengerjakan kapal tunda luar angkasa. Struktur cyclopean yang sangat besar ini, berkat reaktor nuklir dan turbin berkekuatan tinggi, mampu mengangkut muatan besar dari satu orbit ke orbit lainnya, mengumpulkan puing-puing ruang angkasa, dan terlibat dalam banyak aplikasi lainnya,” tambahnya.

Penulis : Azwar
Komentar